Kompas TV regional berita daerah

Acungkan Sabit ke Kasir, Residivis Dibekuk Petugas

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN,KOMPAS.TV - Seorang pria nekad mengacungkan sabit ke kasir minimarket, dan  memaksa meminta uang. Aksi ini terekam kamera cctv, dan viral di medsos.

Setelah 2 bulan melakukan aksi kejahatannya, pelaku kini sudah diringkus jajaran Satreskrim Polres Klaten, Jawa Tengah. Ironisnya, pelaku ditangkap seusai sholat di masjid yang lokasinya di depan minimarket tersebut.

Menurut keterangan Kaur BIN OPS Polres Klaten, Iptu Umar Mustofa, pelaku berinisial A (44 tahun), warga Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Jawa Tengah.

Pelaku yang juga seorang residivis ini sudah beberapa kali melakukan kejahatan di luar Klaten.

Saat beraksi di Klaten, pelaku membawa sabit, dan diacungkan ke kasir minimarket yang ada di depan masjid Al Aqsa Klaten Utara, Jalan Raya Solo – Yogyakarta.

Awalnya, pelaku meminta uang dan diberi 10 ribu rupiah. Namun pelaku menolak, meminta lebih banyak dengan mengacungkan sabit, karena takut kasir minimarket memberi 800 ribu rupiah.

“Saat memasuki alfamart, kemudian yang pertama meminta uang dan dikasih Rp 10.000 tidak terima. “Saya bawa parang” kata dia (pelaku A) lalu mengacungkan sabit dan diberi uang Rp 800.000 dan kemudian Alfamart (kasir minimarket) membuat laporan,” ungkap Iptu Umar Mustofa.

Setelah menerima uang, pelaku mengaku pergi ke Jakarta ikut pengajian Tabligh Akbar. Setelah dua bulan berlalu, pelaku kembali lagi ke Klaten dan sering sholat di masjid Al Aqsa. hingga akhirnya pelaku berhasil diringkus polisi. 

“Uang nya bawa sini ini loh aku bawa arit, Dapet Rp 800.000 untuk ke Jakarta ikut jamaah Tabligh Akbar. Sebelumnya udah pernah dipenjara Tahun 2017 di Magelang, Klaten dan Temanggung ngelakuin ranmor,” ucap Asropi, pelaku.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 368 KUHP, tentang pemerasan dengan ancaman 9 tahun penjara.

#viral #polresklaten #klaten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x