Kompas TV regional berita daerah

Tanaman Tertutup Abu Merapi, Petani Bersihkan Secara Manual

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 15:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Areal pertanian di lereng Gunung Merapi, salah satunya yakni di Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ikut terguyur hujan abu vulkanik. Abu vulkanik yang menutupi tanaman pertanian harus segera dibersihkan sebab dikhawatirkan bisa menghambat laju buah.

Pucuk tanaman yang terkena abu vulkanik bisa menghitam seperti terbakar. Bahkan bunga serta buah bisa menjadi layu dan akhirnya rontok. Waljio, salah satu petani mengatakan, untuk sementara ini proses pembersihan abu vulkanik dengan cara menggoyang batang tanaman. Nantinya proses pembersihan akan dilakukan dengan menggunakan air.

“Karena abu vulkanik ini nggak bisa jatuh. Abu vulkanik ada di gagangnya bunga cabai ini kan nggak kuat, panas,” kata Waljio.

Tanaman sayuran yang dibersihkan dengan cara menggoyangkan batang tanaman ini dilakukan agar abu Gunung Merapi yang menutupi daun dan ranting jatuh ke tanah.

#erupsimerapi #gunungmerapi #petani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.