Kompas TV nasional sosial

Bocoran Kemenhub soal Kuota Mudik Gratis Pemerintah Jalur Laut

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 07:20 WIB
bocoran-kemenhub-soal-kuota-mudik-gratis-pemerintah-jalur-laut
Suasana pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Batam, Kepri. Ilustrasi - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menghentikan sementara rute Pelabuhan Tanjunguban - Pelabuhan Sintete. (Sumber: Kompas.com/HADI MAULANA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program mudik gratis untuk Lebaran 2023 mendatang.

Kini Kemenhub berencana akan membuka mudik gratis menggunakan transportasi laut. Sebelumnya Kemenhub telah membuka program ini untuk jalur darat.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Sriyadi mengonfirmasi program menggunakan transportasi laut ini.

Namun, ia menyatakan program masih dalam tahap persiapan.

"Saat ini sedang persiapan launching mudik gratisnya. Ditunggu ya," beber Sriyadi, Rabu (15/3/2023) dikutip dari Kompas.com.

Sriyadi menambahkan bahwa bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai mudik gratis 2023 bisa memantau laman resmi Kemenhub di mudikgratis.dephub.go.id.

Baca Juga: Masyarakat Kecewa, Jatah Mudik Gratis Kemenhub Ludes dalam Sehari, Ada Kuota Tambahan?

Diberitakan sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Kemenhub akan menyelanggarakan program mudik gratis baik jalur darat, laut, hingga kereta api.

Masyarakat yang berminat mengikuti mudik gratis bersama ini bisa mendaftar gratis lewat situs mudikgratis.dephub.go.id atau lewat aplikasi MitraDarat yang bisa diunduh di Google Play Store atau AppStore.

Dalam Program Angkutan Sepeda Motor Gratis dengan Kereta Api, Kemenhub menyediakan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit sepeda motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api.

Jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 11 s.d 20 April 2023 untuk arus mudik dan 25 April s.d 4 Mei 2023 untuk arus balik.

Waktu pendaftarannya yaitu mulai 1 Maret s.d 3 Mei 2023.

Sementara, program Mudik Gratis dengan Bus, menyediakan kapasitas hingga 24 ribu lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit sepeda motor menggunakan truk.

Baca Juga: PT KAI Buka Lowongan Kerja Besar-besaran di Job Fair UI 17-18 Maret, D4-S2 Bisa Mendaftar!

Jadwal keberangkatannya, akan diselenggarakan mulai 17 s.d 19 April 2023 untuk arus mudik dan 27 s.d 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 13 Maret s.d 14 April 2023.

Kemudian, program Mudik Gratis Sepeda Motor naik Kapal Laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor yang diberangkatkan menggunakan kapal.

Progam ini rencananya diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik dan 25 dan 28 April 2023 untuk arus balik. Waktu pendaftarannya yaitu mulai 15 Maret s.d 13 April 2023.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x