Kompas TV regional peristiwa

Penjelasan Guru Honorer Cirebon Kenapa Menggunakan Kata Maneh: Kang Ridwan Kamil Itu Someah

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 18:53 WIB
penjelasan-guru-honorer-cirebon-kenapa-menggunakan-kata-maneh-kang-ridwan-kamil-itu-someah
Muhammad Sabil Fadilah (34) Warga Kota Cirebon Jawa Barat yang menyampaikan kritiknya di kolom Instagram Ridwan Kamil, memberikan keterangan pada Rabu (15/3/2023). (Sumber: Kompas.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

CIREBON, KOMPAS.TV - Muhammad Sabil Fadilah, seorang guru honorer asal Kota Cirebon, Jawa Barat, yang dipecat karena komentarnya kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, angkat bicara mengenai hal tersebut, Rabu (15/3/2023).

Dilansir dari Kompas.com, Sabil menceritakan bagaimana kronologi kejadian tersebut. Ia menuturkan bahwa komentar yang dituliskannya di akun Instagram Ridwan Kamil dilakukan secara spontan. 

"Saat itu muncul di time line akun saya, saya lihat beliau sedang zoom meeting dengan menggunakan jas kuning. Di situ saya mempertanyakan "maneh teh keur jadi Gubernur Jabar, ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???," tutur Sabil. 

Namun tiba-tiba, komentar yang ia tulis pada Selasa (14/3/2023) sekitar Pukul 09.00 WIB ituitu, disematkan oleh Ridwan Kamil menjadi komentar teratas. 

RK juga membalas komentar Sabil tersebut dengan kalimat "cek maneuh kumaha?".

Hanya dalam waktu singkat, komentar dari Sabil di akun Instagram Ridwan Kamil itu kemudian dipenuhi balasan dari netizen dengan kata-kata kasar. 

Tidak saja di kolom komentar, bahkan ada netizen yang mengirim DM dengan menyerang secara pribadi, menghujat, menghina, dan lain-lain.

"Saya juga kaget, kok Gubernur sampai pin komentar saya. Padahal saya biasa saja. Satu jam setelah itu, saya tambah kaget, kok banyak yang mention dengan kata-kata kasar, bahkan sampai DM, ya menghujat, menghina, banyak lah, pokoknya menyerang ke pribadi saya," ungkap Sabil.

Sabil pun mengaku kaget terhadap serangan tersebut, karena dia menganggap komentar yang ditulisnya itu adalah hal biasa. 

Baca Juga: Guru Honorer Ini Dipecat dari Sekolah, Diduga Usai Kritik Ridwan Kamil di Instagram

Ia mengatakan, komentar itu dimaksudkan sebagai pengingat dari seorang warga kepada gubernurnya, yang sedang berhadapan dengan siswa siswi SMP di Tasik.

Tapi di saat bersamaan, akhir-akhir ini, Ridwan Kamil juga kerap menggunakan jas kuning setelah resmi bergabung Partai Golkar.

"Komen aja, murni, kritik, ini dunia pendidikan, tapi ada simbol yang berbeda, sesuai dengan warna jas kuning, yang lagi sering dipakai, dan saat ini dia sedang berada di dunia pendidikan, yang tidak boleh disusupi politik praktis, apalagi sekolah, dalam hal ini sekolah," jelas Sabil.

Alasan Sabil Menggunakan Kata "Maneh"

Dalam kesempatan tersebut, Sabil juga menjelaskan kata "maneh" (kamu) yang digunakannya dalam komentar di unggahan Instagram Ridwan Kamil itu.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x