Kompas TV nasional politik

Zainudin Amali Mundur, Sertijab Menpora ke Muhadjir Effendy Digelar Besok

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 17:55 WIB
zainudin-amali-mundur-sertijab-menpora-ke-muhadjir-effendy-digelar-besok
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menghadiri acara pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/11/2022). (Sumber: Kiki Luqman)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serah terima jabatan (sertijab) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dari Zainudin Amali ke Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) akan dilangsungkan pada Kamis (16/3/2023). 

"Insya Allah besok sudah ada serah terima saya dengan Pak Zainudin Amali," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Meski sertijab baru akan digelar besok, Muhadjir sendiri sudah melakukan tugasnya sebagai plt Menpora. 

Pada hari ini dia diketahui menemui Presiden Joko Widodo untuk melakukan proses pengisian jabatan eselon I di Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

Akan tetapi, walau sudah bertemu dengan Jokowi, Muhadjir mengaku belum mendapatkan arahan khusus mengenai tugas yang akan diembannya sebagai plt Menpora. 

"Nanti baru setelah diserah terima baru akan melapor," tutunya.

Lebih lanjut, Muhadjir meyakini bahwa tidak akan ada masalah dengan pergantian Menpora setelah Zainudin mengundurkan diri. 

Baca Juga: Surat Pengunduran Diri Disetujui Presiden, Eks Menpora Zainudin Amali Kini Fokus Jadi Waketum PSSI!

Apalagi tugas seorang Menpora berada di bawah koordinasinya selaku Menko PMK. 

"Kan Pak Zainudin Amali kan koordinasinya di bawah saya selaku Menko PMK. Sebetulnya sejak dulu ya selalu koordinasi, jadi enggak ada yang barulah nanti," terang Muhadjir. 

Seperti yang diketahui, Jokowi telah menunjuk Muhadjir sebagai plt Menpora setelah Zainudin Amali memilih untuk melepas jabatannya. 

Zainudin memutuskan untuk mundur sebagai Menpora setelah dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Terkait pengganti tetap Menpora, Jokowi mengungkapkan bahwa akan segera diputuskan. Tapi untuk saat ini, tugas Menpora akan diemban oleh Muhadjir Effendy. 

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan," tutur Jokowi dikutip daribtayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/3/2023). 

"Sekarang (Menpora) sudah di Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK," ucapnya.  

Baca Juga: Eks Menpora Zainudin Amali Diangkat Jadi Komisaris Bank Mandiri



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x