Kompas TV nasional hukum

6 Jam Diperiksa Penyidik Kejagung, Menkominfo Johnny G Plate: Beri Keterangan Proyek BTS

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 16:45 WIB
6-jam-diperiksa-penyidik-kejagung-menkominfo-johnny-g-plate-beri-keterangan-proyek-bts
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G Plate setelah menjalani pemeriksaan saksi di kasus pengadaan BTS 4G Bakti Kominfo di Lobi Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Sumber: KOMPAS.com/Rahel)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memakai baju setelan putih dan jaket hitam-merah bermotifMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate selesai diperiksa selama 6 jam oleh penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampisus) Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Johnny sendiri tiba di lokasi pemeriksaan pada pukul 08.45 WIB dan selesai diperiksa pukul 15.07 WIB. Ia diperiksa sekitar 6 jam di Kejagung. 

Usai diperiksa, Johnny G Plate menyebut kedatangannya kali ini sebagai bentuk tanggung jawab.

Ia juga mengaku, sudah bicara  sesuai dengan apa yang ia tahu dan kini masih berstatus sebagai saksi. 


 

"Hari ini, saya kembali mendatangi Kejaksaan Agung Republik Indonesia untuk memenuhi pemanggilan dalam rangka memberikan keterangan terkait dengan proyek BTS di Kominfo," ujar Johnny usai pemeriksaan di Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Jokowi Respons Kejagung Periksa Lagi Johnny G Plate Terkait Kasus Korupsi BTS 4G: Kita Hormati

Johnny G Plate diperiksa saksi kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo 2020-2022.

Ia lantas mengatakan, setiap pertanyaan penyidik telah dijawab sesuai dengan yang diketahuinya sebagai saksi. 

Johnny pun mengaku tidak bisa memberikan rincian materi pemeriksaan terhadapnya karena itu merupakan kewenangan dan domain dari Kejaksaan Agung.

"Keterangan-keterangan yang diberikan adalah keterangan yang saya tahu, saya pahami dan yang menurut saya benar sebagai saksi," jelasnya. 

"Ini telah saya lakukan dengan penuh tanggung jawab," tambahnya. 

Baca Juga: Lagi, Kejagung Periksa Menkominfo Johnny G Plate sebagai Saksi Korupsi Kasus BTS 4G Hari Ini

Sebaga informasi, dalam dugaan kasus korups BTS 4G ini, pemeriksaan Johnny G Plate ini sudah yang kedua kali.

Pemeriksaan Johnny G Plate pertama dilakukan pada Selasa (14/2/2023) lalu. Pemeriksaan ini terkait pengawasan dan pertanggungjawaban selaku pengguna anggaran.

Dalam pemeriksaan, kurang lebih Johnny diperiksa selama sekitar 10 jam. Menkominfo saat itu dicecar sekitar 51 pertanyaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.