Kompas TV advertorial
advertorial

Teater Keliling Sukses Pentaskan Drama Musikal The Great Rahwana 2023: Tekap Asmara, Lina Tamisra

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 16:00 WIB
teater-keliling-sukses-pentaskan-drama-musikal-the-great-rahwana-2023-tekap-asmara-lina-tamisra
Teater Keliling menggelar pentas The Great Rahwana pada 4 Maret 2023 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki. (Sumber: Dok. Teater Keliling)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Teater Keliling adalah sebuah komunitas teater yang sudah berdiri sejak 13 Februari 1974. Dalam kiprahnya yang sudah menginjak 47 tahun, Teater Keliling sudah melakukan lebih dari 1600 pementasan diseluruh provinsi di Indonesia hingga menjangkau mancanegara dengan pementasan di 11 negara di dunia.

Teater ini didirikan oleh Ir. Dery Syrna, Rudolf Puspa, Buyung Zasdar, dan Paul Pangemanan serta didukung oleh tokoh teater seperti Jajang C. Noer, Saraswaty Sunindyo, Willem Patiradjawane, dan beberapa nama seniman lainnya. 

Teater Keliling telah memiliki sejumlah catatan penting dalam perjalanannya, salah satunya tercatat memiliki pengalaman dalam pelatihan dan pelaksanaan pementasan teater dan seni.

Pencapaian dalam bentuk penghargaan pun telah diraih seperti Rekor MURI sebagai teater dengan pementasan terbanyak (2010), Abdi Abadi FTI (2016), Bentara Budaya (2017). dan sejumlah penghargaan lainnya.

Setelah mendapatkan kesempatan untuk membawa nilai-nilai sejarah dan cerita rakyat dari pementasan berjudul Takdir Cinta Pangeran Diponegoro, The Great Rahwana : 2019, Putri Mandalika, Calon Arang, dan Keong Mas, Ismail Marzuki, Bagindo Aziz Chan, Calon Arang : Indonesia Tour, di tahun 2018–2022 dengan melibatkan 750 pelajar SMP, SMA, serta mahasiswa di berbagai daerah Indonesia.

Perjalanan yang begitu panjang serta antusiasme penonton yang tinggi menginspirasi Teater Keliling untuk kembali membuat pementasan Drama Musikal yang berjudul The Great Rahwana: Rerun 2023.

Garis besar The Great Rahwana menceritakan melalui sudut pandang orang-orang terdekat Rahwana yang melihatnya dari sisi yang berbeda. Kemudian, akan dikuak sisi-sisi kebesaran seorang Rahwana yang penuh cinta, sisi yang jarang sekali diketahui. Sosok Rahwana sering dilabeli dengan dasamuka atau manusia dengan sepuluh muka angkara murka.

Pementasan ini dikemas dalam bentuk ringan dan kekinian sehingga sangat mudah dicerna masyarakat, terutama generasi muda. Namun, dikisahkan tanpa mengurangi esensi penting dari inti pengisahan wayang yang sarat akan filosofi kehidupan manusia.

Inti cerita yang diangkat yakni tidak ada manusia yang benar-benar jahat. Selain itu, pencitraan tidak selalu benar mengacu pada fakta yang terjadi sebenarnya.

Program persembahan Teater Keliling ini dipentaskan pada 4 Maret 2023 dengan total show dua kali di jam 14.00 dan 20.00 WIB. The Great Rahwana diisi oleh double cast di dua show siang dan malam tersebut dengan jumlah penonton 1.200 penonton per-show, bertempat di Teater Besar Taman Ismail Marzuki.

Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses melalui akun Instagram @teaterkelilingind.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x