Kompas TV nasional hukum

Kapolda Papua Minta KKB Tak Tembak Penerbangan Sipil: Bisa Saja Penumpangnya Keluarga Kalian

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 10:37 WIB
kapolda-papua-minta-kkb-tak-tembak-penerbangan-sipil-bisa-saja-penumpangnya-keluarga-kalian
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan tim dari KPK dan IDI Papua akan bertemu terlebih dahulu di Polda Papua. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PAPUA, KOMPAS.TV - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri meminta kelompok kriminal bersenjata (KKB) tidak mengganggu penerbangan sipil, apalagi hingga melakukan penembakan.

Sebab, kata dia, bukan tidak mungkin penumpang yang ada dalam pesawat tersebut merupakan sanak family atau keluarga mereka sendiri. 

Baca Juga: Kondisi Terbaru Pilot Susi Air Usai Sebulan Disandera KKB, Kapten Philip Bacakan Pesan dari OPM

"Jangan tembak pesawat sipil karena yang menjadi penumpang bisa saja sanak keluarga kalian," katanya, di Jayapura, Selasa (14/3/2023).

Fakhiri membeberkan dalam minggu ini ada tiga kali aksi penembakan terhadap pesawat yang dilakukan KKB di Dekai. Salah satunya adalah penembakan terhadap Pesawat Boeing 737-500.

"Memang tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun dampaknya semua maskapai menghentikan layanan penerbangan ke Dekai," ujar Fakhiri.

Lebih lanjut, Fakhiri menuturkan, apabila penembakan terus berlanjut, maka yang rugi adalah masyarakat sendiri karena aktivitasnya terhambat.

Selain itu, kata dia, teror tersebut juga dapat menyebabkan harga-harga melonjak hingga menyulitkan masyarakat itu sendiri.

Baca Juga: Polisi: KKB Egianus Kogoya Bunuh Bocah 8 Tahun Anak Kepala Kampung karena Tak Diberi Makanan

Terkait satu warga sipil yang masih ditahan di Polres Yahukimo di Dekai, Kapolda Papua mengakui yang bersangkutan hingga kini masih ditahan.

Pemeriksaan masih terus dilakukan terhadap EG (23) guna mengetahui siapa pelaku penembakan pesawat tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.