Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Ikuti Coklit, Pemilu 2024 Berlangsung Sesuai Jadwal

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 05:50 WIB
jokowi-ikuti-coklit-pemilu-2024-berlangsung-sesuai-jadwal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/3/2023). (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia, Hasyim Asy'ari, mengonfirmasi Presiden Joko Widodo terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Selasa (14/3/2023).

Hasyim mengatakan bahwa proses pencocokan dan penelitian data (coklit) Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi pada Selasa merupakan bagian dari rangkaian tahap Pemilu 2024.

"Iya saya kira ini simbolik ya bahwa Bapak Joko Widodo sebagai warga negara Indonesia yang juga kebetulan sebagai presiden berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemilu terutama dalam bentuk ikut dalam pencocokan penelitian data pemilih Pemilu 2024,” jelas Hasyim dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: AHY: Seluruh Aparatur Negara Harus Netral di Pemilu 2024

Coklit yang dilakukan kepada Jokowi ini juga menandakan bahwa Pemilu 2024 akan terus berlangsung sesuai rencana.

"Ini rangkaian dari tahapan pemilu, di antaranya pemutakhiran data pemilih," tuturnya.

Hasyim menjelaskan bahwa Selasa, 14 Maret 2023, merupakan hari terakhir untuk melakukan verifikasi data pemilih Pemilu 2024.

Proses verifikasi telah berlangsung sejak 12 Februari 2023 dan melibatkan pemilih yang berada di dalam dan luar negeri.

Adapun verifikasi data atas nama Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo dilakukan guna memastikan bahwa nama keduanya sudah tercatat dalam data pemilih.

Baca Juga: AHY Soroti Penundaan Pemilu 2024: Apa Ada Plt Presiden?

Dalam rilis dari Sekretariat Presiden petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih dari Kelurahan Gambir mendatangi Istana Merdeka, Jakarta, Selasa kemarin.

Mereka melakukan proses coklit terhadap Jokowi. Petugas pantarlih Feby Azza Nurhakim yang bertugas mencocokan data Kepala Negara.

“Maksud kedatangan saya di sini adalah untuk melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit karena nama Bapak (Presiden) terdaftar di TPS nomor 10 Kelurahan Gambir. Apakah benar Bapak berdomisili di sini (Jakarta), Pak?” tanya Feby.

“Iya betul, saya Joko Widodo bertempat tinggal di sini (Jakarta),” jawab Jokowi.

Baca Juga: Pastikan Semua Pemilih Terdata Jelang Pemilu 2024, Pantarlih Hadapi Berbagai Tantangan saat Bekerja!

Usai verifikasi rampung, Jokowi mendapatkan tanda bukti pendaftaran beserta stiker coklit yang kemudian tertempel di pintu istana.

“Sudah, terima kasih ya, Pak. Dengan ini Bapak dan Ibu sudah tercoklit untuk Pemilu 2024. Ini tanda bukti pendaftaran dan stikernya, Pak,” ucap Feby.




Sumber : Kompas TV, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x