Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

BPJS Kesehatan Pastikan Iuran Tak Naik hingga 2024, Dirut: Arahan Presiden

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 05:35 WIB
bpjs-kesehatan-pastikan-iuran-tak-naik-hingga-2024-dirut-arahan-presiden
Ilustrasi layanan BPJS Kesehatan. Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti memastikan tidak ada kenaikan tarif iuran peserta hingga 2024 mendatang.  (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan tidak ada kenaikan tarif iuran peserta hingga 2024 mendatang.

Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyebut hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak ada kegaduhan menjelang tahun politik.

"Saya jamin sampai 2024 tidak ada kenaikan iuran ya," kata Ali di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023). 

"Itu karena arahan presiden (iuran peserta BPJS Kesehatan tidak naik). Dan ini juga kan mau mendekati tahun-tahun politik, jadi biar enggak gaduh juga."

Kendati demikian, pihaknya dapat memastikan kapan adanya penyesuaian iuran peserta.

"Ya memang setelahnya (tahun 2024 diperkirakan iuran BPJS Kesehatan naik), tapi enggak tahu kapan. Entah 2025, 2026, 2027 kita enggak tahu," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meminta agar tidak akan menaikkan tarif iuran BPJS Kesehatan hingga tahun 2024.

Permintaan Kepala Negara ini disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (22/11/2022) lalu.

Baca Juga: 4 Langkah ke Psikolog atau Psikiater Pakai BPJS Kesehatan, Akses Pengobatan Gratis

Budi mengatakan, pada dasarnya saat inflasi yang naik biasanya diikuti kenaikan premi asuransi. Namun, secara politik kenaikan tarif premi iuran BPJS Kesehatan kemungkinan masih belum dapat diterima.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x