Kompas TV nasional peristiwa

Dirut Pertamina: Korban Jiwa Kebakaran Depo Plumpang 23 Orang

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 21:55 WIB
dirut-pertamina-korban-jiwa-kebakaran-depo-plumpang-23-orang
Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam raker bersama Komisi VI DPR RI (8/9/2022). Pertamina akan meminta data pemilik kendaraan roda empat dari Korlantas Polri, untuk pembatasan pembelian Pertalite dan Solar. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Komisi VI DPR RI/ Dina Karina)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korban jiwa kebakaran pipa pengisian BBM Depo Pertamina Plumpang mencapai 23 orang. 

Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat Rapat Dengar Pendapat antara PT Pertamina dan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

Menurut Nicke, 23 korban jiwa ini ada yang meninggal saat perawatan di rumah sakit, dan ada korban jiwa saat peristiwa kebakaran.

Saat ini, terdapat 23 korban yang masih dirawat di rumah sakit. Sementara itu, 25 orang lain sudah dipulangkan.

Baca Juga: Korban Kebakaran Plumpang Dapat Bantuan Dana Rp5,6 Juta dari Pertamina untuk Cari Kontrakan

"Jumlah yang meninggal 23 orang, kita berduka," ujar Nicke.

Lebih lanjut Nicke menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan dana Rp1,72 miliar untuk pemberian bantuan kepada warga korban kebakaran Depo Plumpang. Realisasi dana tersebut berdasarkan data hingga 11 Maret 2023.

Untuk korban meninggal dunia diberikan bantuan biaya pemakaman dan uang kerohiman atau santunan duka cita untuk keluarga yang ditinggalkan. 

Selain itu, diberi fasilitas ambulans untuk pengantaran jenazah. Kemudian korban dalam perawatan medis, seluruh biaya ditanggung Pertamina.

Baca Juga: Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang dapat Bantuan Dana untuk Mengontrak Rumah Selama 3 Bulan

"Dalam masa recovery (penyembuhan) kami akan tanggung semua untuk biaya pengobatannya," ujar Nicke.

Selain bantuan perawatan dan korban jiwa, Pertamina juga memberi bantuan untuk biaya hunian sementara dan kebutuhan harian serta mengganti barang-barang korban yang terbakar. 

Bantuan hunian juga untuk korban yang terdampak yang berasal dari RW 01 dan RW 09. Data korban terdampak kebakaran Depo Plumpang sebanyak 231 Kepala Keluarga, dengan data sebanyak 166 korban di RW 1 dan 65 korban di RW 9.

"Jadi dari kedua RW yang terdampak, ini semua kami transfer ke rekening korban yang terdampak. Ada yang kamu bukakan juga rekeningnya untuk bisa kami transfer," ujar Nicke.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x