Kompas TV regional berita daerah

Jember Punya Layanan Karantina Pertanian, Permudah Ekspor Produk Tani Ternak

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 20:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur bekerjasama dengan PT Pos Indonesia Cabang Jember membuka layanan karantina pertanian. Layanan karantina untuk mempermudah eksportir asal Jember mengirim produk pertanian dan hewannya ke luar negeri.

Pelayanan karantina pertanian berada di Kantor Pos Indonesia Cabang Jember Jawa Timur. Pelayanan karantina pertanian diresmikan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, pada Selasa (14/3/2023).

Layanan karantina merupakan tempat penampungan sementara dan pemeriksaan produk pertanian maupun hewani yang akan di ekspor. Petugas akan memeriksa apakah produk yang akan diekspor sehat dan dalam kondisi baik.

Layanan karantina menunjang aktivitas ekonomi warga atau eksportir asal Jember. Pasalnya, mereka tidak perlu lagi pergi ke Surabaya atau Banyuwangi, jika akan mengirimkan produknya ke luar negeri.

Bupati berharap layanan karantina di kantor pos Jember dapat mendorong pertumbuhan ekspor tanaman maupun hewani dan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Resmikan Kampung Kreatif JFC, Bupati Ingin Pariwisata Jember Keren

Menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Wilayah Surabaya, Cicik Sri Sukarsih, layanan karantina sangat dibutuhkan warga Jember, pasalnya jumlah ekspor tanaman dan hewan di Jember mencapai 321 sertifikat atau ijin ekspor sejak bulan Januari 2023. Sebagian besar tujuan ekspor tanaman dan hewan adalah Amerika.

Pelaku eksportir menyambut baik layanan karantina pertanian, karena dapat memperkecil biaya operasional dan menghemat waktu.

Layanan karantina buka selama hari kerja mulai pagi hingga sore hari.

 

#karantinapertanian #kantorpos #eksportir #pemkabjember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x