Kompas TV regional berita daerah

Harga Bahan Pangan di Tegal Naik Jelang Ramadan

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 15:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Menjelang Ramadan, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kota Tegal, Jawa Tengah, mengalami kenaikan harga, diantaranya sayur-mayur, beras, daging ayam potong dan telur. Harga daging ayam naik dari sebelumnya Rp 33.000 per kilogram, menjadi Rp 36.000 per kilogram.

Sementara harga tomat yang sebelumnya dijual Rp 6.000 per kilogram, saat ini harganya Rp 10.000 per kilogram. Cabai rawit merah (cabai setan) naik menjadi Rp 80.000 per kilogram, dari harga sebelumnya hanya Rp 45.000 per kilogram.

Menurut pedagang, kenaikan harga ini terjadi bukan karena pengaruh dari pasokan, namun sudah menjadi tradisi tahunan. Setiap menjelang bulan Ramadan, banyak warga yang melakukan tradisi berbagi makanan atau masakan kepada warga sekitarnya, yang disebut unggah-unggahan.

“Harga kebutuhan pokok kebanyakan naik semua. Mulai dari beras, minyak, telur, bumbu-bumbu dan gula,” kata Darso, pedagang sembako.

Rohani, salah satu pedagang ayam potong mengaku, dari pemasok harga dagangannya sudah naik.

“Mau bulan Puasa sih, jadi harganya naik. Stoknya lancar karena saya ambil dari bos,” ucap Rohani.

Pedagang berharap, pemerintah melakukan upaya agar harga kebutuhan pokok bisa stabil. Supaya pedagang tidak merugi karena sepi pembeli.

#ramadan #tegal #sembako



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x