Kompas TV bisnis perbankan

Rafael Alun Taruh Rp37 M di Safe Deposit Box, Pengamat: Enggak Masuk Akal

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 14:51 WIB
rafael-alun-taruh-rp37-m-di-safe-deposit-box-pengamat-enggak-masuk-akal
Ilustrasi Safe Deposit Box. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo tak berhenti membuat kejutan. Di LHKPN ia melaporkan punya harta Rp56 miliar, namun berdasarkan catatan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), ada transaksi mencurigakan sebesar Rp500 miliar terkait Rafael. PPATK juga menemukan Safe Deposit Box (SDB) di salah satu bank yang berisi Rp37 miliar miliki Rafael.

Menurut sejumlah pihak, seharusnya uang tunai tidak boleh disimpan di SDB lantaran rentan terhadap praktik pencucian uang. Namun, belum ada aturan tertentu yang melarang uang tunai disimpan di deposit box.

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Selasa (14/3/2023), Safe Deposit Box (SDB) adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya.

“Biasanya barang yang disimpan di dalam SDB adalah barang yang bernilai tinggi dimana pemiliknya merasa tidak aman untuk menyimpannya di rumah. Pada umumnya biaya asuransi barang yang disimpan di SDB bank relatif lebih murah,” tulis OJK.

Baca Juga: Rafael Alun Belum Pernah Jenguk Mario di Tahanan, tapi Sudah Bolak-balik Cek Deposit Box

Adapun barang yang tidak boleh disimpan di safe deposit box adalah:

  • Senjata api/ bahan peledak. 
  • Segala macam barang yang diduga dapat membahayakan atau merusak SDB yang bersangkutan dan tempat sekitarnya. 
  • Barang-barang yang sangat diperlukan saat keadaan darurat seperti surat kuasa, catatan kesehatan dan petunjuk bila penyewa sakit, petunjuk bila penyewa meninggal dunia (wasiat). 
  • Barang lainnya yang dilarang oleh bank atau ketentuan yang berlaku.

Pengamat perbankan dari Binus University Doddy Arifianto mengatakan, nasabah yang menggunakan SDB adalah nasabah yang punya banyak harta selain uang tunai. Makanya, Ketika ada nasabah yang menyimpan uang tunai di SDB, hal itu sangat aneh.

“Orang nyimpen uang di SDB itu aneh, enggak masuk akal. Ngapain coba, karena kan enggak menghasilkan apa-apa. Justru dia harus bayar sewa mahal. Kenapa enggak taruh di simpanan yang bisa dapat bunga. Meskipun dalam bentus USD, sekarang semua bank punya rekening simpanan dalam USD,” kata Doddy saat dihubungi Kompas TV, Selasa (14/3/2023).

Barang yang disimpan di SDB itu, menurut Doddy, adalah barang yang punya nilai eksotik. Misalkan perhiasan, bukan perhiasan biasa tapi bisa jadi karya seorang seniman sehingga harganya jauh lebih mahal dari harga emas itu sendiri.

Baca Juga: Kepala Bea Cukai Makassar Belum Dicopot Kemenkeu, Stafsus Sri Mulyani Ungkap Alasannya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x