Kompas TV regional berita daerah

Produk UMKM Aceh akan Penuhi Kebutuhan Jamaah Haji di Arab Saudi

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 14:36 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh, akan mengirim sampel sejumlah produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM Aceh ke Jeddah Arab Saudi. Pengiriman akan dilakukan melalui pesawat Garuda Indonesia dan Kantor Pos Indonesia pada petengahan Maret mendatang.

Sampel produk UMKM tersebut, nantinya akan dipamerkan di Jeddah dan ditargetkan, produk-produk UMKM dari Aceh itu, bisa di ekspor ke Arab Saudi untuk memenuhi kebutuhan jamaah Haji disana.

Meski masih sebatas untuk memenuhi kebutuhan Jamaah Haji, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan ekspor produk UMKM Aceh ke Timur Tengah akan terus berlanjut. Apalagi pasar Timur Tengan seperti Arab Saudi sangat terbuka untuk produk UMKM Aceh.

Kepala bidang fasilitas kepabeanan dan cukai, kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh Isnu Irwantoro mengatakan, ada sejumlah produk yang nantinya akan dikirim ke Jeddah, diantaranya produk makanan ringan, bumbu masakan, olahan minuman, sarung, jilbab, kosmetik hingga parfum.

Selain Arab Saudi, pada tahun ini kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Aceh juga akan melakukan pertemuan bisnis dengan pelaku usaha asal Aceh di Malaysia, pertemuan ini diharapkan bisa membawa dampak baik produk-produk UMKM Aceh yang siap ekspor ke negri Jiran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x