Kompas TV regional peristiwa

3 Anggota TPNPB Sorong Menyerahkan Diri ke NKRI

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 06:30 WIB
3-anggota-tpnpb-sorong-menyerahkan-diri-ke-nkri
Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom (kanan). (Sumber: Courtesy- TPNPB-OPM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

SORONG, KOMPAS.TV - Tiga Anggota Kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Batalyon Sorong Selatan (Wilayah 3 Domberai) menyerahkan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Senin (13/3/23).

Ketiga anggota itu di antaranya Melkianus Nebore Komandan Batalyon TPNPB Sorong Selatan, Yohanes Fonataba Wakil Komandan Batalyon TPNPB Sorong Selatan, dan Lambertus Esagoi anggota TPNPB Sorong Selatan. Mereka menyerahkan diri ke Kepolisian Resor (Polres) Sorong Selatan dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1807/ Sorong Selatan.

Kapolres Sorong Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Choiruddin Wachid, berterima kasih kepada TPNPB Sorong Selatan atas penyerahan diri dan menyatakan sikap kembali ke pangkuan NKRI.

"Terima kasih kepada Melkianus Nebore atas penyerahan diri dan menyatakan sikap kembali ke pangkuan NKRI," ujar Kapolres dikutip dari Antara.

Baca Juga: TNI Tangkap 9 Anggota TPNPB-OPM di Keerom Papua

Mereka bertiga juga melakukan penyerahan atribut kelompok TPNPB Batalyon Sorong Selatan wilayah 3 Domberai kepada Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli berupa sepasang pakaian loreng dan baret, satu lembar bendera Bintang Kejora, satu buah busur dan anak panah, dan Kartu tanda anggota TPNPB kepada Polres Sorong.

"Saya menyadari dan menyesali perbuatan yang telah dilakukan sebagai TPNPB dan berjanji tidak akan mengulangi. Saya akan setia dan taat kepada NKRI, serta patuh dan tunduk kepada pemerintah serta aturan yang berlaku di NKRI," ucap Melkianus dalam janjinya.

Kabid Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Adam Erwindi membenarkan adanya tiga pentolan TPNPB yang menyerahkan diri tersebut, dirinya menilai hal itu merupakan langkah bagus dan mengharapkan anggota yang lain yang masih berseberangan dengan NKRI dapat mencontoh.

"Mari kita sama sama membangun Indonesia, Papua Barat dan Papua Barat Daya menjadi lebih maju," tandas Kabid Humas.

Baca Juga: Tantang Kapolda dan Pangdam Tangkap Petinggi TPNPB, Paulus Waterpauw Beberkan Kegeramannya


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x