Kompas TV internasional kompas dunia

Media Barat: Prestasi Mendamaikan Arab Saudi dan Iran Bikin China Miliki Peran Baru di Timur Tengah

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 05:15 WIB
media-barat-prestasi-mendamaikan-arab-saudi-dan-iran-bikin-china-miliki-peran-baru-di-timur-tengah
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden China Xi Jinping. Kesepakatan Iran-Saudi memulihkan hubungan diplomatik menempatkan China dalam peran terkemuka dalam politik Timur Tengah, menjadi tanda pengaruh diplomasi China semakin berkembang seiring dengan jejak ekonominya. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Kesepakatan Iran-Saudi memulihkan hubungan diplomatik menempatkan China dalam peran terkemuka dalam politik Timur Tengah, sebuah peran yang sebelumnya dipegang kekuatan global seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Hal ini menjadi tanda bahwa pengaruh diplomasi China semakin berkembang seiring dengan jejak ekonominya, seperti laporan Associated Press, Senin (13/3/2023).

Diplomasi China di bawah pemimpin yang kuat Xi Jinping dikenal karena kemarahan terhadap Barat, ancaman terhadap Taiwan, tindakan agresif di Laut China Selatan, dan penolakan untuk mengutuk Rusia atas Ukraina. Namun, kesepakatan yang dicapai pada Jumat di Beijing menunjukkan sisi lain dari diplomasi China.

Xi terlihat memainkan peran langsung dalam pembicaraan tersebut dengan menjadi tuan rumah bagi presiden Iran di Beijing bulan lalu. Dia juga mengunjungi ibu kota Saudi Riyadh pada bulan Desember untuk pertemuan dengan negara-negara Arab Teluk yang kaya akan minyak yang sangat penting bagi pasokan energi China.

Kesepakatan ini dilihat sebagai kemenangan diplomasi besar bagi China, karena negara-negara Arab Teluk memandang Amerika Serikat sedang mengurangi keterlibatannya di Timur Tengah.

"Saya pikir ini adalah tanda bahwa China semakin percaya diri dalam mengambil peran yang lebih menentukan di Timur Tengah," kata Muhammad Zulfikar Rakhmat, seorang akademisi Indonesia yang terafiliasi dengan Middle East Institute di Washington.

Kepentingan ekonomi China semakin menarik perhatiannya pada konflik yang jauh dari perairannya. China adalah pelanggan terbesar untuk ekspor energi Timur Tengah, sementara AS telah mengurangi kebutuhannya untuk impor karena negara itu beralih ke energi mandiri.

Para pejabat China telah lama berargumen bahwa Beijing seharusnya memainkan peran yang lebih aktif di wilayah tersebut. Sementara itu, gesekan antara AS dan Arab Saudi telah menciptakan, "Kekosongan yang China senang isi," kata Dreyer.

China telah berinvestasi secara besar-besaran dalam infrastruktur energi regional. Negara ini juga kadang-kadang memberikan kapal angkatan laut untuk bergabung dalam operasi anti-pembajakan di lepas pantai Somalia, meskipun Angkatan Laut AS telah menjadi penjamin keamanan utama untuk perairan Timur Tengah sejak tahun 1980-an.

Baca Juga: China Turun Gunung, Xi Jinping akan ke Moskow Minggu Depan Bertemu Putin dan Menelepon Zelenskyy

Iran dan Arab Saudi, Jumat (10/3/2023), setuju memulihkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan besar setelah tujuh tahun ketegangan antara kedua negara. (Sumber: AP Photo/Nournews)

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa Beijing "tidak mengejar kepentingan egois apa pun." "China tidak memiliki niat untuk dan tidak akan mencari untuk mengisi atau membentuk blok eksklusif," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China yang tidak diidentifikasi. Pernyataan ini dengan jelas merujuk pada AS.

"China tidak bermaksud dan tidak akan mencari untuk mengisi apa yang disebut sebagai kekosongan atau membentuk blok eksklusif," ujar pemimpin Xi Jinping di akhir sesi tahunan legislatif seremonial pada Senin lalu. Hal itu menyinggung Amerika Serikat (AS).

Xi mengatakan China harus "berpartisipasi aktif dalam reformasi dan konstruksi sistem tata kelola global" serta mempromosikan "inisiatif keamanan global".

Kemenangan diplomasi itu terjadi ketika Washington mengecam China karena gagal mengutuk invasi Rusia dan menuduh AS dan NATO memprovokasi konflik.

Namun, banyak pemerintah Timur Tengah menganggap China sebagai pihak netral, dengan hubungan kuat ke Arab Saudi, penyuplai minyak terbesar China, dan Iran, yang mengandalkan China untuk 30% perdagangan luar negerinya dan di mana China telah berjanji untuk berinvestasi USD400 miliar selama 25 tahun. Iran, yang memiliki sedikit pasar ekspor karena sanksi atas program nuklirnya, menjual minyak ke China dengan diskon besar.

Kesepakatan itu, "Meningkatkan kemampuan Beijing untuk memproyeksikan citra dirinya sebagai aktor konstruktif untuk perdamaian, yang akan membantu untuk menghindari tuduhan dari Barat bahwa ia mendukung invasi Rusia di Ukraina," kata Amanda Hsiao, analis yang berbasis di Taipei untuk International Crisis Group.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x