Kompas TV cerita ramadan takjil

3 Jenis Kurma Basah dan Kering yang Enak untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 04:30 WIB
3-jenis-kurma-basah-dan-kering-yang-enak-untuk-berbuka-puasa
Ilustrasi. 3 jenis kurma yang enak disantap saat berbuka puasa. (Sumber: engin akyurt on Unsplash)
Penulis : Laura Elvina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Ramadan sangat identik dengan kurma. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk berbuka puasa dengan kurma.

Karena permintaan yang melonjak di bulan Ramadan, kita dapat dengan mudah menemukan kurma di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional, supermarket, lokapasar, bahkan hingga minimarket dekat rumah.

Tapi, apakah kamu suka bingung memilih kurma yang enak untuk disantap saat berbuka puasa? Berikut rekomendasi jenis kurma untuk berbuka puasa baik yang bertekstur basah maupun kering.

3 Jenis Kurma Basah dan Kering untuk Berbuka Puasa

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis kurma premium yang paling banyak dikonsumsi. Kurma ini juga dikenal sebagai kurma nabi karena menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.

Kurma ajwa termasuk jenis kurma kering yang daging buahnya tidak terlalu lembut namun renyah. Bentuknya bulat, berwarna hitam dan kulitnya berkerut.

Untuk rasa, daging buah kurma ajwa agak manis seperti kismis. Karena kepopuleran dan manfaatnya, harga kurma ajwa pun cukup tinggi di pasaran.

2. Kurma Sukari

Kurma Sukari juga merupakan kurma premium yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kurma sukari bahkan disebut sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi. Kurma ini berasal dari wilayah budidaya di Al Qaseem, Arab Saudi.

Kurma sukari termasuk jenis kurma basah dengan rasa yang manis serta daging yang lembut. Dikutip dari National Center for Biotechnology Information, sejumlah penelitian menunjukkan kurma sukari bermanfaat sebagai antioksidan.

3. Kurma Khalas

Jika kamu menyukai jenis kurma basah, kurma khalas bisa menjadi pilihan selain kurma sukari. Kurma khalas adalah satu dari 500 jenis kurma yang sering disebut sebagai superfood karena mempunyai banyak manfaat.

Buah kurma khalas berwarna cokelat kemerahan. Daging buah kurma khalas memiliki tekstur lembut dan lengket serta rasa manis seperti karamel.

Itulah tiga jenis kurma basah dan kering yang cocok disantap saat berbuka puasa.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x