Kompas TV nasional politik

Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt. Menpora, Pengganti Zainudin Amali Segera Diputuskan

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 21:26 WIB
jokowi-tunjuk-muhadjir-effendy-jadi-plt-menpora-pengganti-zainudin-amali-segera-diputuskan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) dan Ibu Negara Iriana (kanan) menonton langsung pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam ajang Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube AFF Mitsubishi Electric Cup)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

DENPASAR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan segera memutuskan pengganti Zainudin Amali sebagai menteri pemuda dan olahraga (menpora).

Untuk sementara, pemerintahan Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (plt) menpora.

Jokowi menyebut pihaknya sudah menerima dan menyetujui surat pengunduran diri Amali. Politikus Golkar itu pun resmi mundur dari pos menpora usai menjabat sejak Oktober 2019.

Baca Juga: Soal Surat Pengunduran Diri Zainudin Amali sebagai Menpora, Istana: Sudah Diterima

"Menpora (Zainudin Amali) tadi pagi sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan saya tadi sudah menyetujui," kata Jokowi saat mengunjungi TPST Kesiman Kertalangu di Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK (Muhadjir Effendy)," lanjutnya.

Zainudin Amali sendiri memutuskan mundur dari pos menpora usai terpilih menjadi wakil ketua umum I PSSI. Amali terpilih menjadi waketum periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta pada 16 Februari 2023 lalu.

Selain Amali, Erick Thohir menjadi menteri lain yang mendapatkan jabatan di PSSI saat KLB tersebut. Erick terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Sepertiga Lebih Pemilih Jokowi Dekat dengan Sosok Ganjar Pranowo


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x