Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Kirab Budaya Mangunharjo Sambut Ramadhan

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 17:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Tradisi kirab budaya sambut Ramadhan ini rutin digelar oleh Kelurahan Mangunharjo tiap tahunnya. Seperti yang terlihat pada Minggu (12/3/2023) pagi, tampak sejumlah anak-anak dengan kostum drumband, penuh semangat dan ceria mengikuti acara kirab budaya.

Selain itu, sejumlah mobil dengan dihias warna-warni juga tampak berderet-deret ikut meraimaikan tradisi. Tak hanya anak-anak, maupun mobil hias yang ikut dalam kirab ini, namun, gunungan berisi hasil pertanian, seperti sayur mayur dan buah-buahan juga ikut dalam kirab ini.

Camat Tembalang Cipta Nugraha, yang hadir dalam kesempatan ini memberikan apresiasi terhadap kegiatan kirab budaya yang rutin digelar tiap tahun. 

“Merupakan tradisi dari warga Mangunharjo, jadi kami dari kecamatan mengapresiasi kirab budaya karena ini merupakan kegiatan bagus dalam rangka menyambut bulan Ramadhan,” ucap Cipta Nugraha.

Sementara itu, agar pelaksanaan kirab berjalan dengan tertib dan lancar, serta tidak menganggu aktivitas pengguna jalan yang lain, juga sudah dipersiapkan oleh sejumlah petugas. Seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Tembalang, Kompol Wahdah Maulidiawati.

“Kirab budaya ini, kami dari Polsek Tembalang melakukan pengamanan dengan menurunkan anggota untuk melakukan pengamanan serta memberikan imbauan kepada para peserta,” ujar Kompol Wahdah Maulidiawati.

Warga tampak antusias mengikuti kirab budaya ini. Sejumlah peserta yang ada diatas mobil hias juga tampak senang sembari menyanyikan lagu maupun yel-yel mereka.

Menurut Lurah Mangunharjo, Angsori, kirab budaya ini sudah turun temurun dilakukan, yang merupakan wujud rasa syukur warga terhadap hasil pertanian yang melimpah. Selain itu, juga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

“Mangunharjo itu ada tradisi kirab dalam rangka menyambut Ramadhan, dan sudah generasi ketiga. Selain itu ada kirab gunungan berupa sayur dan buah dan untuk sadranan, semoga tradisi kirab ini tetap langgeng dilaksanakan,” tutur Angsori.

Acara semakin semarak ketika masing-masing RW menunjukkan kreatifitasnya dalam lomba yang diadakan di kirab ini. Ada yang mengenakan kostum unik dan menarik, seperti kostum pewayangan ini. Peserta dengan kostum unik ini merasa senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini.

“Luar biasa, karena semua warga kompak dalam kirab budaya menyambut bulan suci Ramadhan dan menunjukan ini lah Mangunharjo,” kata Victor dan Sela, peserta kirab.

Semua peserta menampilkan kreativitas terbaiknya, ada yang menari, menyanyi, berjoget dengan antusias.

Tak hanya seni budaya yang ditampilkan, sejumlah UMKM juga hadir dalam kirab ini. Salah satu pelaku UMKM merasa senang dengan event ini yang bisa membangkitkan perekonomian mereka pasca pandemi.

“Pastinya merasa senang ada acaranya kirab ini, karena membantu sekali pasca pandemi dan juga bisa mempromosikan,” imbuh Tia, pelaku UMKM.

Acara diakhiri dengan rebutan dua gunungan hasil pertanian berupa sayur dan buah-buahan. Tampak warga antusias berebut hasil gunungan yang telah dipersiapkan.

#kirabbudaya #mangunharjo #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.