Kompas TV bisnis kebijakan

Mudik Gratis Kemenhub Mulai Dibuka Siang Ini, Simak Cara Daftar hingga Validasi Tiketnya

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 14:48 WIB
mudik-gratis-kemenhub-mulai-dibuka-siang-ini-simak-cara-daftar-hingga-validasi-tiketnya
Bagi anda yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, bisa melakukan pendaftaran mulai hari ini, Senin (13/3/2023), sejak pukul 14.00 WIB. (Sumber: Instagram @ditjen_hubdat)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi anda yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bisa melakukan pendaftaran mulai hari ini, Senin (13/3/2023), sejak pukul 14.00 WIB.

Kuota penumpang untuk mudik gratis Kemenhub 2023 sebanyak 24.772 orang dengan menggunakan 585 bus.

“Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 kembali hadir dan kalian bisa mulai melakukan pendaftaran pada 13 Maret 2023 - 14 April 2023 (akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi). Pendaftaran hanya bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat yaa guys! Jadi jangan lupa download dulu yaa,” tulis pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub lewat akun Instagram resminya.

Ada 28 kota tujuan yang dilayani oleh ratusan bus tersebut, yakni kota-kota di Jawa Barat seperti Garut, Tasik, dan Cirebon.

Lalu di Jawa Timur, yaitu Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung.

Kemudian Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Yogyakarta. Untuk Sumatera ada Lampung dan Palembang.

Sedangkan untuk arus balik ada Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri.

Baca Juga: Penjualan Tiket Kereta Tambahan Mudik Lebaran Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Daftarnya

Kemenhub juga menyediakan arus mudik dan balik untuk pengangkutan sepeda motor, dengan kota tujuan Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Semarang.

Sebagaimana disebutkan di atas, pendaftaran hanya dilakukan lewat aplikasi MitraDarat.

Oleh karena itu, pastikan sinyal internet anda lancar saat melakukan pendaftaran.

Sehingga anda bisa mendapatkan kursi mudik gratis.

Nah, sebelum mendaftar, pastikan anda menyiapkan persyaratan sebagai berikut:

Syarat Mudik Gratis Kemenhub 2023

- Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah saat mendaftar, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau Kartu Keluarga (KK).

- Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.

- Peserta yang mengikuti mudik dan balik, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.

- Peserta hanya diberikan waktu selama tujuh hari setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi atau validasi ulang di posko yang telah ditentukan.

- Bila lewat dari tujuh hari dan peserta tidak melakukan validasi ulang, maka dianggap gugur atau hangus dan tidak diperbolehkan mendaftar ulang.

- Peserta yang mudik dan balik dengan sepeda motor wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Penyerahan motor sesuai tanggal yang ditentukan atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.

 - Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani saat keberangkatan arus mudik atau balik.

- Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum keberangkatan.  

Setelah persyaratannya lengkap, anda pun bisa langsung bisa mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023 lewat aplikasi MitraDarat.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x