Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Soal Transaksi Mencurigakan Rp300 T Kemenkeu, Pukat UGM: Jangan Hanya Jadi Hiasan Medsos

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 10:20 WIB
soal-transaksi-mencurigakan-rp300-t-kemenkeu-pukat-ugm-jangan-hanya-jadi-hiasan-medsos
Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi UGM Zainur Rahman mengatakan, Kementerian Keuangan harus menindak laporan transaksi mencurigakan Rp300 triliun dari PPATK. Jangan sampai isu Rp300 triliun ini hanya menjadi hiasan di media sosial. (Sumber: Tangkapan Layar Program Sapa Pagi Indonesia Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi UGM Zainur Rahman mengatakan, Kementerian Keuangan harus menindak laporan transaksi mencurigakan Rp300 triliun dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan). Jangan sampai isu Rp300 triliun ini hanya menjadi hiasan di media sosial.

“Data Rp300 triliun itu bukan main-main meski sifatnya data intelijen dari PPATK. Kemenkeu harus bisa menggunakannya untuk bersih-bersih. Jangan sampai hanya jadi hiasan di media sosial,” kata Zainur dalam Program Sapa Indonesia Pagi di Kompas TV, Senin (13/3/2023).

Ia menjelaskan, data tersebut bisa ditindaklanjuti lewat dua jalur. Yakni penindakan pidana dan disiplin etik PNS. Dari jalur pidana, pegawai-pegawai yang terlibat di dalamnya bisa dijerat dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Namun aparat penegak hukum harus mengetahui tindakan asal sebelum adanya TPPU.


 

“Menindak TPPU itu harus tahu tindakan asalnya, meski tidak harus dibuktikan lebih dulu. Kalau tindakan asalnya adalah korupsi, maka bisa ditangani KPK. Kalau bukan korupsi, bisa ditangani Polisi,” ujar Zainur.

Baca Juga: Bantah Abaikan 266 Hasil Analisis PPATK, Sri Mulyani: Sudah Kami Tindaklanjuti

Sementara dari jalur disiplin etik PNS, Kemenkeu bisa mulai dengan menyelidiki apakah para pejabat di instansinya sudah melaporkan laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) sudah dengan faktanya.

Lantaran, PNS yang tidak melaporkan LHKPN dengan benar sudah termasuk melakukan pelanggaran disiplin berat.

“Sebenarnya Kemenkeu ini adalah salah satu instansi yang paling ketat dalam menerapkan disiplin etik PNS. Nah kalau dari pemeriksaan ada PNS yang tidak jujur dan tidak benar menyampaikan LHKPN nya, itu pelanggaran disiplin berat dan bisa saja diberhentikan seperti RAT (Rafael Alun Trisambodo). Itu jadi pintu masuknya,” tutur Zainur.

Baca Juga: Ratusan Pegawai Diduga Punya Harta Tak Wajar, Sri Mulyani Ungkap Sanksi Maksimal dari Kemenkeu

“Ini jadi momentum yang sangat tepat. Kita enggak ingin isu Rp300 triliun ini menguap begitu saja. Harus ada hasilnya bagi dari sisi pidana maupun disiplin PNS,” sambungnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap ada pergerakan dana mencurigakan Rp300 triliun di Kemenkeu, berdasarkan laporan PPATK selama periode 2007-2023,



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.