Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Sepertiga Lebih Pemilih Jokowi Dekat dengan Sosok Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 07:55 WIB
survei-litbang-kompas-sepertiga-lebih-pemilih-jokowi-dekat-dengan-sosok-ganjar-pranowo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pasar Mendenrejo, Blora, Jawa Tengah, Jumat (10/3/2023). (Sumber: Biro Setpres)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas pada Januari 2023 mengungkap, sepertiga lebih responden pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) dekat dengan sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara elektoral, Senin (13/3/2023).

"Nama Ganjar rata-rata mendapatkan dukungan sepertiga lebih dari kelompok pendukung Jokowi tersebut," tulis peneliti Kajian Politik Litbang Kompas, Yohan Wahyu, Senin (13/3) di Harian Kompas.

Pola kecenderungan ini disebut relatif bukan hal baru. Sebab, tiga survei sebelumnya juga menemukan bahwa nama Ganjar Pranowo rata-rata mendapatkan dukungan sepertiga lebih dari kelompok pendukung Jokowi dalam konteks Pemilu 2024.

Besarnya kecenderungan dukungan tersebut lebih tinggi daripada persentase besaran kecenderungan dukungan terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Meskipun rata-rata dukungan pemilih Jokowi ke Prabowo ini tidak sebesar kepada Ganjar, yakni hanya 15 persen, angka dukungan ini relatif stabil di bawah Ganjar," ungkap Yohan.

"Artinya, preferensi pilihan politik dari simpatisan Jokowi relatif lebih banyak tertuju pada Ganjar dan Prabowo," ujarnya.

Baca Juga: Pengamat: Jokowi Berpeluang Jadi "Kingmaker" di Pemilu 2024, tapi Ada Tiga Hal yang Harus Dipenuhi

Hasil survei ini makin terkonfirmasi dengan pertemuan Jokowi, Ganjar, dan Prabowo saat panen raya di Kebumen, Jawa Tengah. 

Banyak pihak yang menyatakan pertemuan tersebut merupakan sinyal politik Jokowi untuk mendukung pasangan Ganjar-Prabowo pada Pilpres 2024.

"Arah dukungan Jokowi ke Ganjar dan Prabowo memang lebih dekat dengan arah preferensi dari para pendukung Jokowi yang memang lebih banyak memberikan dukungan kepada Ganjar dan Prabowo," ujarnya.



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x