Kompas TV nasional agama

Menag Sebut Pemerintah Arab Prioritaskan Kuota Tambahan Jemaah Haji dari Indonesia

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 05:45 WIB
menag-sebut-pemerintah-arab-prioritaskan-kuota-tambahan-jemaah-haji-dari-indonesia
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat menandatangani kesepakatan kuota haji Indonesia untuk tahun 2023 di Jeddah, Arab Saudi, Minggu (8/1/2023). (Sumber: Kementerian Agama RI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tambahan kuota jemaah calon haji dari Indonesia akan menjadi priroritas Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al Rabiah.

"Alhamdulillah, kita dapat kuota tambahan petugas. Indonesia juga menjadi prioritas Kerajaan Arab Saudi untuk mendapat tambahan kuota jemaah calon haji," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (12/3/23), dikutip dari Antara.

"Di antara misi kunjungan saya ke Arab Saudi adalah mengecek langsung perkembangan persiapan layanan dan meminta tambahan kuota jemaah haji Indonesia dan petugas. Dua hal ini kita bahas bersama Menteri Tawfiq di Jeddah," tambahnya.

Baca Juga: Kapan Awal Ramadan 2023? Kemenag Gelar Sidang Isbat 22 Maret

Yaqut mengatakan, untuk tambahan kuota petugas akan difokuskan dalam penguatan layanan jemaah lansia. Menurut dia, beragam persiapan layanan difokuskan dalam upaya memberikan yang terbaik untuk jamaah, termasuk mereka yang lansia.

"Akan ada rekrutmen khusus untuk pengisian tambahan kuota petugas, dan ini difokuskan pada penguatan layanan lansia," kata dia.

Menag Yaqut berharap Menteri Tawfiq bisa menyampaikannya lebih awal. Sebab, butuh waktu persiapan dalam proses pengisian kuota jemaah, mulai dari penyiapan dokumen, paspor, pemvisaan, serta penyediaan layanan.

"Saya minta agar tambahan kuota jemaah tersebut disampaikan lebih awal, agar bisa terserap maksimal," kata dia.

Baca Juga: Kemenag Gorontalo Siapkan Pendamping Jamaah Haji Lansia


 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.