Kompas TV feature food story

Rewako Gowa - FOOD STORY (3)

Kompas.tv - 8 Januari 2019, 17:50 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor :

Rewako Gowa! Benoe akan mengunjungi Kabupaten Gowa di Sulawesi Selatan. Dan kali ini bertepatan dengan hari jadi Gowa ke 698. Selain mau mengikuti rangkaian acara yang ada, tentu saja Benoe juga mau icip-icip kulinernya.

Benoe bertemu dengan Ibu Bupati Priska Paramita dan diperkenalkan dengan berbagai kue-kue khas Gowa. Ada Barongko, kue yang terbuat dari pisang dan dibungkus dengan daun pisang. Dulunya kue ini disajikan sebagai hidangan penutup para Raja. Ada juga Toloba, Banang-banang, Ka’do Bo’dong, Bassang, Cucur, Gogos dan Es Cendol khas kota bunga Malino. Semuanya enak-enak foodlovers.

Setiap peringatan Maulid Nabi, di Gowa digelar acara Maudu Adaka Ri Gowa. Di acara ini akan ada telur rebus yang dihias dengan pernak-pernik cantik. Ada pula hidangan Kaddominyak dan sembako yang semuanya akan diperebutkan oleh warga, sesaat setelah acara selesai.

Tak lengkap kalau ke Gowa tanpa mencicipi Coto. Hidangan ini diperkirakan telah ada semenjak masa kerajaan Gowa di abad-16, pada saat Somba Opu yang merupakan pusat kerajaan Gowa saat itu mengalami kejayaan. Benoe akan mencicipi Coto Sunggu 1, di kota Sungguminasa, Somba Opu. Coto di sini masih dimasak dengan cara tradisional dengan bumbu racikan yang masih asli.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x