Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Inggris: Kemajuan Pasukan Rusia di Bakhmut Didapat dengan Kerugian Besar Pasukan dan Senjata

Kompas.tv - 12 Maret 2023, 02:05 WIB
inggris-kemajuan-pasukan-rusia-di-bakhmut-didapat-dengan-kerugian-besar-pasukan-dan-senjata
Posisi pasukan Ukraina yang dihajar artileri Rusia dekat Bakhmut, 3 Maret 2023. Pasukan Rusia membuat kemajuan di Bakhmut. Menurut penilaian militer Inggris hari Sabtu, (11/3/2023) serangan pasukan Rusia akan sulit dipertahankan tanpa kerugian yang lebih besar. (Sumber: New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Rusia membuat kemajuan di zona konflik Bakhmut, Ukraina timur, yang menjadi target utama kampanye Rusia selama berbulan-bulan. Menurut penilaian pejabat militer Inggris serangan pasukan Rusia akan sulit dipertahankan tanpa kerugian yang lebih besar.

Informasi terbaru di Twitter, seperti laporan Associated Press, Sabtu (11/3/2023), Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan unit-unit dari kelompok paramiliter Wagner yang dikendalikan oleh Kremlin merebut sebagian besar Bakhmut timur, dengan sungai yang mengalir melalui pusat kota kini menjadi garis depan.

Namun, akan "sangat menantang" bagi pasukan Wagner untuk mendorong lebih jauh karena Ukraina menghancurkan jembatan penting di atas sungai. Sementara itu, tembakan sniper Ukraina dari bangunan-bangunan yang diperkuat di sebelah barat membuat daerah terbuka di pusat "zona pembunuhan".

Pasukan dan jalur pasokan Ukraina di kota tambang tersebut tetap rentan terhadap "upaya Rusia yang terus menerus untuk mengelilingi para pembela dari utara dan selatan," karena pasukan Rusia mencoba untuk mengepung mereka dalam gerakan cincin, kata kementerian tersebut.

Blogger militer Rusia dan akun Telegram lain yang pro-Kremlin pada Jumat mengeklaim pasukan Rusia memasuki pabrik pengolahan logam di Bakhmut barat laut. Sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington pada Jumat malam juga mengacu pada rekaman geolokasi yang menunjukkan pasukan Rusia berada dalam jarak 800 meter dari pabrik AZOM, kompleks yang sangat padat dan diperkuat.

Pasukan darat Ukraina pada Sabtu menunjukkan sikap mereka untuk mempertahankan kota tersebut, melaporkan di Facebook perwira teratas mereka terus mengawasi "sektor terpenting dari garis depan" dan "mengambil tindakan yang diperlukan" untuk mencegah Moskow meraih kemenangan di medan perang yang lama ditunggu-tunggu. Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi beberapa kali mengunjungi Bakhmut dan hotspot lain di garis depan bagian timur selama sebulan terakhir.

Baca Juga: Rusia Kembali Hajar Ukraina dengan Serangan Rudal Besar-Besaran

Sejumlah tentara Ukraina menembakkan howitzer ke arah pasukan Rusia di dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 5 Maret 2023. Pasukan Rusia membuat kemajuan di Bakhmut. Menurut penilaian militer Inggris serangan pasukan Rusia akan sulit dipertahankan tanpa kerugian yang lebih besar. (Sumber: AP Photo/Libkos)

Di seluruh Ukraina, pekerjaan perbaikan terus berlanjut Sabtu setelah serangan misil dan drone besar-besaran Rusia dua hari sebelumnya yang menewaskan enam orang dan meninggalkan ratusan ribu orang tanpa pemanas atau listrik.

Operator jaringan listrik negara Ukraina mengatakan masalah pasokan listrik masih terjadi di empat wilayah setelah hujan misil, di mana 80 misil Rusia dan sejumlah kecil drone yang meledak menghantam bangunan perumahan dan infrastruktur kritis di seluruh negara.

Dalam postingan Facebook, Ukrenergo mengatakan pemadaman listrik terjadwal masih berlangsung di daerah Kharkiv dan Zhytomyr di barat laut Ukraina dan timur laut, serta sebagian dari provinsi Dnipropetrovsk dan Mykolaiv di tenggara.

Perusahaan menambahkan situasi di Zhytomyr sangat sulit, dengan sebagian konsumen masih terputus dari jaringan.

Pada hari Sabtu, pemboman Rusia terjadi di Kherson selatan yang mengakibatkan mobil yang sedang melintas terbakar, menewaskan satu orang dan melukai dua lainnya. Gubernur regional Oleksandr Prokudin memastikan hal tersebut dalam sebuah pos di Telegram.

Sebelumnya, otoritas melaporkan selama 24 jam terakhir, pemboman Rusia menewaskan lima orang dan melukai 19 lainnya di Kherson dan Donetsk Ukraina.

Perusahaan listrik Ukraina itu memastikan situasi di Zhytomyr sangat sulit, di mana sebagian konsumen masih terputus dari jaringan. Selama beberapa bulan terakhir, Provinsi Donetsk di timur menjadi episentrum pertempuran, di mana Bakhmut berada.

Sementara itu, bagian Kherson yang dikuasai oleh Ukraina mengalami pemboman harian dari pasukan Rusia yang ditempatkan di seberang sungai Dnieper.

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x