Kompas TV nasional hukum

LPSK Cabut Perlindungan, Richard Eliezer Dipastikan Tetap di Rutan Bareskrim

Kompas.tv - 11 Maret 2023, 18:02 WIB
lpsk-cabut-perlindungan-richard-eliezer-dipastikan-tetap-di-rutan-bareskrim
Richard Eliezer saat ditemui di rutan Bareskrim Polri dalam program eksklusif Rosi KOMPAS TV, Kamis (9/3/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) memastikan penahanan Richard Eliezer tetap di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Mabes Polri. Ditjen Pas terus berkoordinasi dengan pihak Rutan Bareskrim terkait perlindungan dan pembinaan terhadap Eliezer.

“Sampai saat ini Eliezer masih menjalani masa pidana di Rutan Bareskrim dan kami terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Rutan Bareskrim, karena Richard adalah warga binaan dari Lapas Salemba,” ujar Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Aprianti, Sabtu (11/3/2023).

Sekalipun tidak lagi dikawal Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Ditjen Pas memastikan penahanan Eliezer tetap di Rutan Bareskrim di bawah perlindungan Ditjen Pas.

Baca Juga: Ronny Talapessy Menyayangkan Miskoordinasi di LPSK yang Merugikan Hak Perlindungan Richard Eliezer

Ia kembali menegaskan, komunikasi dan koordinasi menjadi kunci utama antara Lapas Salemba dan Rutan Bareskrim dalam pembinaan Eliezer yang menerima hukuman 1 tahun 6 bulan.

Sebelumnya, LPSK menghentikan perlindungan fisik Richard Eliezer. Padahal, perjanjian perlindungan ini seharusnya berakhir pada Agustus 2023.

LPSK berdalih pencabutan perlindungan itu karena Eliezer menjalani wawancara. Pihak Eliezer membantah Eliezer melanggar kontrak dengan LPSK. Pengacara Eliezer Ronny Talapessy menegaskan, wawancara Eliezer sudah dilaporkan ke salah satu wakil ketua LPSK.

Baca Juga: LPSK Hentikan Perlindungan pada Richard Eliezer


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.