Kompas TV regional peristiwa

Gunung Merapi Erupsi: Daftar Wilayah Magelang yang Terdampak Hujan Abu

Kompas.tv - 11 Maret 2023, 16:50 WIB
gunung-merapi-erupsi-daftar-wilayah-magelang-yang-terdampak-hujan-abu
Hujan abu melanda Magelang, Jawa Tengah, menyusul erupsi Gunung Merapi pada Sabtu (11/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

 

MAGELANG, KOMPAS.TV - Hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi menyelimuti sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023). 

Gunung Merapi mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas pada Sabtu pukul 12.12 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan, guguran awan panas menuju arah Kali Bebeng dan Krasak.

BPPTKG mengimbau masyarakat yang berada di daerah bahaya atau di radius 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi untuk mengungsi.

Baca Juga: Video Amatir Kepanikan Warga saat Erupsi Gunung Merapi

Hujan abu di Magelang melanda sebelas kecamatan yang terdiri dari sejumlah desa. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang melaporkan daftar wilayah kecamatan dan desa yang terdampak hujan abu.

Jurnalis Kompas TV, Agung Bayu Aji, yang berada di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang melaporkan, abu tebal masih menghujani wilayah tersebut pada Sabtu (11/3) pukul 15.00 WIB.

Tidak terlihat kepanikan warga yang berada di desa yang berjarak sekitar 5-6 kilometer dari puncak Gunung Merapi tersebut. 

Baca Juga: Diguyur Hujan Abu Gunung Merapi, Begini Kondisi Terkini Desa Krinjing



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x