Kompas TV TALKSHOW livi on point

DUH! Depo Plumpang Terbakar Lagi, Apa Opsi Tata Kota?

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 09:51 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebakaran besar yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang pada 3 Maret 2023, masih menyisakan duka bagi para k0rban. Depo yang menjadi objek vital negara ini memilik jarak dengan pemukiman warga cukup dekat sehingga korban jiwa tidak terelakkan. Banyak perdebatan mengenai mana yang lebih dulu pembangunannya. Apakah Depo Plumpang lebih dulu? atau pemukiman warga yang jauh lebih dulu terbangun?

Buntut dari insiden kebakaran tersebut, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencopot salah seorang Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. Erick Thohir bersama dengan PT Pertamina (Persero) resmi memutuskan untuk memindahkan lokasi Tangki Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara ke lahan milik PT Pelindo (Persero).

Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan seharusnya masyarakat yang tinggal di dekat Depo Plumpang harus dipindahkan. Yayat Supriatna selaku Pakar Tata Kota, Universitas Trisakti memiliki pandangan terkait hal ini.

Dia berpendapat bahwa revitalisasi juga penting untuk dilakukan. Bahkan, jika harus memindahkan, Pemerintah harus bergerak dengan konsep merelokasikan dan memanusiakan. Kira-kira bagaimana detail aturan Tata Kota dalam kontek kasus Depo Plumpang? Kenapa perdebatan pemindahan terus jadi pertanyaan besar oleh sebagian kalangan? Saksikan selengkapnya di Livi On Point, Episode “Depo atau Warga yang Direvitalisasi?"

Video Editor : Novaltri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.