Kompas TV regional berita daerah

5 Hal Penting Ini Disampaikan Wapres Ma'ruf Amin dalam Rakernas LPTNU

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 06:05 WIB
5-hal-penting-ini-disampaikan-wapres-ma-ruf-amin-dalam-rakernas-lptnu
Sambutan Wakil Presiden RI Makruf Amin dalam Peresmian Pembukaan Musyawarah Nasional XI GAPKI Tahun 2023, Jumat (3/3/2023). (Sumber: Youtube Wakil Presiden Republik Indonesia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

MEDAN, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin menyampaikan sejumlah hal penting kepada para pengurus perguruan tinggi di kalangan Nahdlatul Ulama.

Dalam sambutannya di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Konferensi Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) yang diselenggarakan di Medan Rabu (8/3/2023), Kiai Ma’ruf menekankan pentingnya menciptakan ahli agama yang moderat, dan reformatif. 

“Pertama, pengembangan ilmu-ilmu agama Islam di lingkungan Perguruan Tinggi NU untuk menciptakan ahli-ahli agama yang tidak hanya memahami ajaran agama secara tekstual, secara qauli, tetapi juga secara kontekstual dan dinamis, secara manhaj, yang mampu merespons berbagai permasalahan dan tantangan yang muncul di masa yang akan datang,” ujar Wapres.

Ia melanjutkan pengembangan ilmu agama tersebut harus didasarkan pada konsep Islam Ahlusunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah yang karakteristiknya adalah moderat (wasathiyyah), ishlâhiyah (reformatif), tathawwuriyah (dinamis), dan manhajiyyah (metodologis). 

Kedua, menurutnya pengembangan ilmu pengetahuan dan inovasi untuk kemakmuran umat dan kemajuan negara.

Karena menurutnya, ilmu pengetahuan dan inovasi merupakan kunci kemakmuran dan peradaban (miftahul imarah). Hal ini sejalan dengan posisi manusia sebagai khalifah Allah yang dikarunia akal dan hati nurani, manusia diberi tugas (mandat) untuk mengelola dan membangun bumi serta peradabannya. 

Ketiga, ia menekankan pentingnya kontribusi perguruan tinggi bagi NU dalam bentuk pemikiran-pemikiran yang bersifat responsif dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul di berbagai bidang. 

Baca Juga: Wakil Presiden Maruf Amin Sebut Dudung Jenderal Santri

“Sumbangan pemikiran ini diharapkan dapat dipergunakan oleh NU dalam merespons persoalan-persoalan yang dihadapi, baik yang bersifat nasional maupun global. Dengan demikian, posisi NU tidak hanya merawat pemikiran atau warisan ulama pada masa lalu, tetapi juga memberikan pemikiran-pemikiran dan inovasi baru,” tambah Wapres dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV.

Keempat, pengelolaan lembaga pendidikan tinggi secara profesional, baik dalam kaitan dengan penyempurnaan kurikulum, peningkatan kualitas dosen, penyempurnaan sarana dan prasarana pendidikan, maupun administrasi pendidikan dan pembiayaan.

Hal ini menurutnyam perlu mendapat perhatian dari PTNU, karena kualitas pendidikan tinggi di lingkungan NU secara umum saat ini masih mengalami keterbatasan-keterbatasan. 

“Dalam hal ini, LPTNU perlu juga mendorong perluasan sinergi dan kerja sama, tidak hanya antar PTNU dan universitas-universitas lain di dalam dan luar negeri, tetapi juga dengan berbagai instansi lain, termasuk Kementerian/Lembaga Pemerintah,” ujar Ma'ruf Amin.

Kelima, pengembangan hubungan dan kemitraan dengan dunia usaha atau industri, sehingga keduanya bisa maju bersama dengan mengembangkan sumber daya dan potensi lokal di tiap-tiap daerah lokasi PTNU.

Di samping kelima hal tersebut, ia berharap acara ini dapat melahirkan rekomendasi yang dapat menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan, mengukuhkan komitmen kebangsaan, sekaligus meningkatkan kualitas LPTNU secara kelembagaan dan PTNU secara keseluruhan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Pesawart Super Hercules untuk TNI AU Sangat Canggih!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.