Kompas TV internasional kompas dunia

Las Patronas, Para Perempuan Penyelamat Migran Amerika Tengah

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 05:30 WIB
las-patronas-para-perempuan-penyelamat-migran-amerika-tengah
Kelompok relawan Las Patronas yang digawangi keluarga Dona Leonidas saat merayakan ulang tahun kelompok itu pada 14 Februari 2023 di La Patrona, negara bagian Veracruz, Meksiko. Las Patronas setia membantu para migran Amerika Tengah yang melintasi Meksiko menuju Amerika Serikat (AS) sejak 1995. (Sumber: Instagram Las Patronas)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LA PATRONA, KOMPAS.TV - Di tengah perjalanan berbahaya ke Amerika Utara, para migran Amerika Tengah senantiasa mendapati setitik kelegaan ketika melintas dekat La Patrona, desa kecil di negara bagian Veracruz, Meksiko.

Sekelompok perempuan setia menunggu kereta yang membawa para migran di pinggir rel La Patrona sejak 1995, melempari mereka dengan makanan untuk bekal perjalanan.

Kelompok relawan perempuan itu dikenal dengan Las Patronas, dinamai berdasarkan desa tempat mereka berasal. Di lain sisi, kebetulannya, patrona dalam bahasa Spanyol juga berarti santo pelindung atau bos (feminin).

Kini, Las Patronas telah menunjang hidup para migran selama 28 tahun di tengah ancaman otoritas dan geng kriminal Meksiko. Mereka ingin membantu orang-orang yang mencari hidup lebih baik seiring memburuknya kondisi sehari-hari di Amerika Tengah.

Aksi kerelawanan Las Patronas membuat para perempuan ini dianugerahi Penghargaan Hak Asasi Manusia Nasional dan Penghargaan Nasional untuk Aksi Kerelawanan dan Solidaritas oleh pemerintah federal dan Komnas HAM Meksiko pada 2013 lalu.

Las Patronas juga sempat dinominasikan meraih Penghargaan Putri Asturias pada 2015 silam, sebuah penghargaan untuk entitas yang dinilai memiliki pencapaian penting dalam hal kepentingan publik, kemanusiaan, atau sains.

Baca Juga: Kapal Migran Tenggelam di Laut Italia, 59 Orang Tewas Termasuk 12 Anak-anak

Kiprah Las Patronas sendiri bermula dari sebuah kebetulan, ketika putri-putri Romero Vazquez menjumpai kereta lewat saat membeli sarapan, 28 tahun lalu.

Sejarah Las Patronas

Norma Romero dan saudarinya sedang menunggu kereta lewat dengan menenteng keranjang belanjaan pada 14 Februari 1995. Namun, kereta lewat itu justru membawa serta roti dan susu mereka, sekaligus mengubah jalan hidup keluarga Romero Vazquez dan warga desa La Patrona.

“Ketika (kereta) itu melintas, sekelompok orang dalam salah satu gerbong berteriak ke kami: ‘Mama, kami lapar.’ Lalu kelompok lain melintas dan meneriakkan hal yang sama: ‘Mama, kami lapar’,” kata Norma Romero kepada BBC pada 2014 silam.

“Jadi kami memberikan roti kami ke mereka, lalu sekarton susu kami,” lanjutnya.

Para migran itu biasa lewat La Patrona dengan kereta barang panjang yang meluncur pelan dua atau tiga kali sehari. Para migran yang datang dari Honduras, Guatemala, El Salvador, dan Nikaragua itu biasa duduk di atap kereta, berbekal mimpi mencari kerja di Amerika Serikat (AS).

“Kami sempat mengira mereka sekadar orang Meksiko yang bertualang, menjelajahi negara kami dengan bebas,” kata Norma.

Setelah spontan memberi belanjaan ke sekelompok orang asing, Norma Romero dan saudarinya takut dimarahi ibu. Namun, ibu mereka, Dona Leonidas justru merancang rencana untuk membantu para migran yang membutuhkan.

Dona Leonidas berkata ke putri-putrinya, jika para migran itu butuh makanan, mereka sekeluarga mesti memasak sekitar 30 porsi nasi dan kacang sehari, kemudian memberikannya ke para penebeng kereta.

Dona Leonidas dan anak-anaknya konsisten memasak nasi, kacang, dan tortilla jagung lalu membawanya ke pinggir rel setiap hari. 

Seiring waktu, dapur Leonidas semakin sibuk. Tak hanya mengandalkan sumber daya sendiri, donasi mulai mengalir untuk diolah di dapur keluarga Leonidas.

Warga sekitar pun mulai bergabung dan terbentuklah Las Patronas. Dapur Leonidas kini memasak ratusan porsi makanan untuk para migran Amerika Tengah setiap harinya.



Sumber : Kompas TV/BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.