Kompas TV nasional hukum

Ada Kode Mainkan Ya Mas dari Teddy Minahasa ke Dody Prawiranegara, Ahli Bahasa: Itu Perintah

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 14:06 WIB
ada-kode-mainkan-ya-mas-dari-teddy-minahasa-ke-dody-prawiranegara-ahli-bahasa-itu-perintah
Kolase AKBP Dody Prawiranegara dan Irjen Teddy Minahasa. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba jenis sabu oleh penyidik Polda Metro Jaya. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa sempat mengirimkan pesan kepada anak buahnya mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara terkait peredaran narkoba.

Adapun pesan tersebut berupa kalimat yakni, “Mainkan ya Mas” yang disampaikan oleh Teddy Minahasa melalui pesan instan lewat aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Ahli Digital Forensik Beberkan Temuan Transaksi Pembelian Tawas di Ponsel Asisten Dody Prawiranegara

Terkait pesan tersebut, Ahli Bahasa dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Krisanjaya membeberkan makna kode “Mainkan ya, Mas” dari Teddy Minahasa yang kemudian dijawab “Siap, Jenderal” oleh Dody Prawiranegara.

Selanjutnya, dibalas lagi oleh Teddy Minahasa yang mengatakan “Minimal seperempat, ya,”. Lantas dijawab lagi oleh AKBP Dody Prawiranegara, “Siap 10 Jenderal”.

“Artinya apakah bentuk kalimat itu adalah perintah dari atasan ke bawahan atau tadi yang disampaikan hanya narasi saja,” kata Krisnajaya saat bersaksi dalam sidang lanjutan AKBP Dody Prawiranegara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada Rabu (8/3/2023).

Krisnajaya lantas membeberkan bahwa pesan berupa “Mainkan ya Mas” dari Irjen Teddy Minahasa kepada AKBP Doddy Prawiranegara merupakan perintah atasan kepada bawahan.

“Dari segi konstruksi kalimat dan pilihan katanya, ‘Mainkan’ itu artinya ada teks pendahulu atau penyertanya,” ujar Krisnajaya.

Baca Juga: Sidang AKBP Dody Prawiranegara dan Linda soal Kasus Narkoba Hadirkan 3 Saksi Ahli, Ini Rinciannya

Kemudian dilanjutkan dengan perintah yang kedua yakni penggunaan kata “minimal”. Kata “minimal” tersebut bisa dimaknai sebagai perintah karena masih berkaitan dengan perintah pertama yaitu “mainkan” itu tadi.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x