Kompas TV bisnis bumn

Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Erick Thohir Copot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 13:37 WIB
buntut-kebakaran-depo-plumpang-erick-thohir-copot-direktur-penunjang-bisnis-pertamina
Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya mencopot direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi, buntut dari kebakaran Depo Plumpang Pertamina. (Sumber: PSSI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya mencopot direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, Dedi digantikan oleh Erry Widiastono, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina.

Pencopotan itu dilakukan sebagai akibat kebakaran Depo Plumpang Pertamina yang menewaskan belasan orang.

“Pak Dedi Sunardi yang digantikan sebagai Direktur Penunjang Bisnis. Sementara ditugaskan kepada Pak Erry Widiastono,” kata Pahala seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (8/3/2023).

Pencopotan direksi Pertamina ini sebelumnya pernah diungkapkan Erick Thohir beberapa waktu lalu. Ia menegaskan, direksi yang tidak bekerja dengan baik akan dicopot.

"Direksi Pertamina kan pernah saya copot, tapi kalau perlu saya copot lagi, ya saya copot lagi,” ujar Erick beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Imbas Kebakaran Depo Plumpang, Pengamat Sebut Dirut Pertamina Harus Mundur dan Diperiksa Polisi

Polisi saat ini masih menyelidiki penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Pengamat BUMN Herry Gunawan menilai, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati harus bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

"Terutama Dirutnya harus tanggung jawab karena ini masalah teknis," kata Herry kepada Kompas TV, Selasa (7/3/2023).

Herry mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara Polisi, penyebab kebakaran Depo Plumpang adalah kelalaian dari pemeriksaan rutin yang dilakukan pekerja Pertamina. Ia pun menilai kelalaian itu sebagai tindakan kriminal.

Apalagi, Depo Plumpang adalah objek vital negara seperti halnya Kilang Pertamina Cilacap dan Kilang Pertamina Balongan yang juga sering terbakar.

"Nicke bukan hanya harus mundur dari jabatannya, tapi juga harus diperiksa oleh polisi. Karena sudah terlalu sering (kebakaran). Pemeriksaan terhadap direksi penting, agar jangan sampai kejadian serupa terulang di lokasi lainnya," ujar Herry.

Baca Juga: Alasan Sejumlah Pihak Tak Setuju Depo Pertamina Plumpang Dipindahkan: Bakal Kuras Anggaran Negara

Menurutnya, Depo Plumpang juga sangat vital bagi Pertamina yang bisnis utamanya adalah minyak. Pertamina harusnya bisa memastikan semua lini bisnisnya dari mencari sumur baru dan produksi minyak di hulu,  sampai memasarkannya ke pelanggan.


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x