Kompas TV olahraga sepak bola

Rencana Shin Tae-yong untuk Timnas U20 Indonesia usai Tersingkir dari Piala Asia U20

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 06:50 WIB
rencana-shin-tae-yong-untuk-timnas-u20-indonesia-usai-tersingkir-dari-piala-asia-u20
Pelatih Timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

FERGANA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan rencananya untuk skuad Garuda usai kegagalan di ajang Piala Asia U20 2023 Uzbekistan. 

Timnas U20 dipastikan gugur di fase penyisihan grup Piala Asia U20 2023 usai bermain imbang 0-0 melawan Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3/2023) malam WIB. 

Indonesia finis di peringkat ketiga Grup A dengan torehan 4 poin dari 3 pertandingan. Garuda Nusantara sejatinya hanya kalah selisih gol dari runner up Irak. 

Usai Piala Asia U20 2023, Timnas U20 hanya memiliki kurang-lebih waktu dua bulan untuk bersiap menyambut Piala Dunia U20 yang bergulir mulai 20 Mei mendatang. 

Baca Juga: Hasil Piala Asia U20: Vietnam Tersingkir usai Kalah dari Iran, Australia Pesta 9 Gol Lawan Qatar

Shin Tae-yong mengaku akan melakukan sejumlah perubahan skuad di Piala Dunia U20 mendatang.

"Rencana ke depan kami, akan memberi waktu istirahat bagi tim. Lalu setelahnya kami akan melakukan sejumlah perubahan di skuad," papar pelatih asal Korea Selatan dalam konferensi pers usai laga, dikutip dari Antara. 

Kendati tersingkir dari Piala Asia U20 2023, Shin Tae-yong memuji penampilan Hokky Caraka dan kawan-kawan saat melawan Uzbekistan, khususnya para pemain bertahan. 

"Saya rasa perihal pertahanan, kami tampil baik karena hingga akhir pertandingan tidak kemasukan gol. Jadi para pemain juga layak mendapatkan pujian," kata Shin. 

Baca Juga: Hasil Timnas U20 Indonesia vs Uzbekistan: Tahan Imbang Tuan Rumah, Garuda Nusantara Tetap Tersingkir

"Untuk memenangkan pertandingan, seluruh tim harus menjadi satu selama 90 menit." 

Ke depannya, Shin Tae-yong berharap skuad Timnas U20 mendapat pelajaran berharga dari Piala Asia U20, terlebih soal mengatasi kekalahan soal postur calon lawan-lawan kuat di Piala Dunia U20. 

"Seperti yang anda lihat, para pemain Uzbekistan secara fisik lebih besar dari para pemain kami, dan kondisi ini cukup menyulitkan para pemain kami," sambung Shin Tae-yong.

"Jadi kondisi fisik adalah kekuarangan kami. Karenanya mulai sekarang mereka harus bekerja ekstra untuk meningkatan kekuatan fisik mereka," pungas Shin.

Baca Juga: Timnas U20 Indonesia Gugur dari Piala Asia U20, Shin Tae-yong: Kami Sudah Berjuang!


 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.