Kompas TV regional berita daerah

Warga Kendal Gelar Kirab Gunungan Sumpil Menyambut Bulan Puasa

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 04:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Warga Kampung Jagalan Desa Kutoharjo Kaliwungu Kendal Jawa Tengah mempersiapkan gunungan yang berisi sumpil, makanan khas Kaliwungu yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun bambu. Gunungan ini juga berisi aneka makanan ringan dan hasil bumi. Setelah dibacakan doa bersama di makam Wali Hasan Abdullah atau Pakuwojo, warga kemudian mengarak gunungan tersebut keliling kampung diiringi dengan drum blek.

 

Tradisi Grebeg Sumpil ini dilaksanakan warga menyambut datangnya bulan puasa dengan harapan saat bulan puasa dayang bisa menjalankan ibadah dengan baik. Sesampainya di Bukit Jabal, gunungan kemudian menjadi rebutan warga yang sudah berkumpul untuk mendapatkan keberkahan.

 

Menurut Sutikno, pengurus makam Eyang Pakuwojo, gunungan ini sengaja diperebutkan warga sebagai bentuk keberkahan dan saling berbagi sesama manusia. Sumpil sendiri mengandung makna menyerahkan diri kepada Sang Pencipta dengan ikhlas.

 

Selain menggelar kirab gunungan sumpil juga digelar kesenian tradisional, bazar makanan dan pengajian dalam rangka haul dan ruwahan massal di makam Wali Hasan Abdullah atau Eyang Pakuwojo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x