Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Zelenskyy Putuskan Terus Melawan di Bakhmut dan Kirim Pasukan Tambahan, Pertempuran Makin Berdarah

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 02:05 WIB
zelenskyy-putuskan-terus-melawan-di-bakhmut-dan-kirim-pasukan-tambahan-pertempuran-makin-berdarah
Pasukan Ukraina akan terus mempertahankan kota timur Bakhmut dan bala bantuan akan dikirimkan, demikian keputusan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hari Selasa (7/3/2023), dengan tujuan mematahkan kekuatan serangan Moskow (Sumber: New York Times/Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Pasukan Ukraina akan terus mempertahankan kota timur Bakhmut dan bala bantuan akan dikirimkan. Hal itu menjadi keputusan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk mematahkan kekuatan serangan Moskow.

Rusia telah mengirim ribuan pasukan dalam serangan gelombang manusia selama beberapa minggu terakhir untuk mencoba merebut Bakhmut dan memastikan kemenangan pertama di medan perang selama setengah tahun terakhir.

Orang-orang Ukraina telah menggali parit lebih jauh ke barat dan dalam beberapa hari terakhir tampaknya sedang mempersiapkan diri untuk mundur untuk mempertahankan pasukan mereka dan bertempur di tempat lain.

Tetapi pernyataan Zelensky dalam pidato semalam menunjukkan bahwa Kiev telah memilih untuk bertahan dan melawan serta memperkuat kota itu, tampaknya diyakinkan bahwa kerugian Rusia dalam mencoba menyerang masih jauh lebih besar daripada para pembela.

"Komando secara bulat mendukung" keputusan untuk tidak mundur, kata Zelensky yang dikutip oleh Straits Times, Selasa (7/2/2023). "Tidak ada posisi lain. Saya memberitahu panglima tertinggi untuk mencari kekuatan yang tepat untuk membantu rekan-rekan kita di Bakhmut."

Rusia meluncurkan invasi penuh skala ke Ukraina setahun yang lalu dan mengeklaim telah menganeksasi hampir seperlima wilayahnya. Mereka mengatakan merebut Bakhmut akan menjadi batu loncatan untuk merebut kembali wilayah Donbas di sekitarnya, tujuan utama perang.

Baca Juga: Pasukan Ukraina Terdesak di Bakhmut, Zelenskyy dan Panglima Militer Masih Enggan Perintahkan Mundur

Seorang tentara Ukraina duduk di sebuah parit yang berada tidak jauh dari posisi pasukan Rusia di dekat Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 5 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Libkos)

"Memanfaatkan kebebasan Artemovsk," kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dalam pidato televisi, menggunakan nama era Soviet untuk Bakhmut yang diadopsi kembali oleh orang Rusia yang menyerang.

"Kota ini adalah pusat penting bagi pertahanan pasukan Ukraina di Donbas. Mengambilnya di bawah kontrol akan memungkinkan aksi penyerangan lebih jauh dilakukan ke dalam garis pertahanan Ukraina."



Sumber : Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x