Kompas TV nasional aiman

Indonesia Bakal Punah - AIMAN (4)

Kompas.tv - 5 Januari 2019, 16:50 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Haris Mahardiansyah

Tanggal 17 Desember 2018 lalu, Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan tentang kehancuran Indonesia. Ia menyatakan bahwa dirinya tidak boleh kalah dalam pemilu. Jika Ia kalah, maka Ia menyebut Indonesia akan punah. Namun, benarkah pernyataan itu? Lembaga riset independen di Washington, Amerika Serikat merilis Fragile States Index, yakni indeks negara-negara yang menuju kegagalan.

Posisi Indonesia berada pada peringkat ke 91 dari 178 negara pada tahun 2018. Posisi ini menempatkan Indonesia semakin menjauhi titik indeks negara paling gagal, jika dihitung sejak 2006 hingga 2018. Peringkat ini bahkan lebih aman dibanding Russia, China, dan Turki. Sementara, negara paling rentan gagal adalah Sudan Selatan, Somalia, dan Yaman.

Lalu, bagaimana tanggapan masyarakat terkait pidato Indonesia punah oleh Prabowo? Sebagian besar tidak mempercayainya, kecuali emak-emak di pasar. Sementara warga lainnya meragukan pernyataan Prabowo tersebut. Sejumlah warga berpendapat Indonesia mungkin akan punah jika terjadi perang, bangkrut, penguasaan dan eksploitasi oleh asing, hingga jumlah warga negara Indonesia menjadi lebih sedikit dari warga negara asing.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.