Kompas TV nasional agama

Malam Ini Nisfu Syaban, Jangan Lupa Baca Yasin 3 Kali dan Berdoa agar Hajat Dikabulkan

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 14:44 WIB
malam-ini-nisfu-syaban-jangan-lupa-baca-yasin-3-kali-dan-berdoa-agar-hajat-dikabulkan
jagan lupa Baca Al-Qur'an tiga kali dan berdoa agar hajat dikabulkan di malam Nisfu Syaban (Sumber: UNSPLASH/ALI BURHAN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Malam Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban yang bertepatan tanggal 14 Syaban 1444 Hijriah, disebut juga lailatul Ijabah atau malam ketika doa-doa diterima,  akan jatuh pada malam ini, Selasa (7/3/2023) dimulai usai Salat Magrib.  

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan, termasuk membaca baca Yasin sebanyak tiga kali. Bacaan itu baik dilakukan sendiri maupun dilakukan berjemaah. 

Pada malam Nisfu Syaban umat Islam dianjurkan untuk berdoa agar hajat-hajat dikabulkan. Membaca Yasin minimal tiga kali sebelum doa juga salah satu yang dianjurkan ulama.

Surat Yasin sendiri adalah surat ke-36 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 83 ayat. Membaca surat Yasin di malam Nisfu Syaban membuat kebaikan dan keberakahann melimpah. 

Amalan Nisfu Syaban dengan membaca surat Yasin minimal tiga kali atau lebih itu diajarkan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki dalam Ma Dza fi Sya‘ban? Cetakan pertama, 1424 H, halaman 119

"Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta‘ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah," tulis Ustaz Syaifullah dari PWNU Jatim dikutip dari situs resmi NU. 

Baca Juga: 3 Doa dan Zikir yang Dapat Diamalkan di Malam Nisfu Syaban untuk Memohon Ampunan

Selain itu, diperbolehkan untuk membaca Yasin untuk Nisfu Syaban lebih dari tiga kali dan membaca Al-Qur'an. 

"Membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau mengkhatamkan 30 juz Al-Quran secara ikhlas lillahi ta‘ala diiringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud," tambahnya. 

Doa Nisfu Syaban itu, lanjut Ustaz Syaifullah, bisa berupa untuk doa-doa yang lebih memudahkan perkara urusan duniawi, seperti minta utang lunas sampai urusan minta agar pekerjaan-pekerjaan dilancarkan. 

Selain membaca Yasin, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan seperti salat sunah dan berpuasa syaban sebagai cara mempersiapkan diri jelang puasa Ramadan. 

Baca Juga: 7 Amalan Malam Nisfu Syaban 2023 dan Bacaan Doa Beserta Artinya

Lewat datangnya Nisfu Syaban, maka bulan puasa Ramadan 2023 diperkirakan akan jatuh kurang dari 2 pekan lagi. 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan barakah dan mengabulkan doa-doa kita di malam Nisfu Syaban. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV/NU Online

BERITA LAINNYA



Close Ads x