Kompas TV nasional aiman

Indonesia Bakal Punah - AIMAN (1)

Kompas.tv - 5 Januari 2019, 16:35 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Haris Mahardiansyah

Jelang pemilihan, sejumlah pernyataan kerap dilontarkan kedua kubu memicu pro dan kontra. Kali ini pernyataan kontroversial diungkapkan Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto. Ia menyatakan Indonesia akan bubar tahun 2030 mendatang. Bahkan pertengahan bulan ini, pernyataan kembali dilontarkannya. Dua kali diungkapkan, akan kah Indonesia punah?

Sebuah lembaga riset independen berpusat di Washington DC, Amerika Serikat, merilis indeks negara rapuh menuju gagal alias Fragile States Index. Ada 12 indikator dari sisi politik, sosial, dan ekonomi yang mengkategorikan negara dikatakan gagal. Berdasarkan survei tersebut, Sudan Selatan, Somalia, Yaman, hingga Suriah dinyatakan sebagai negara yang paling terancam gagal. Sedangkan Indonesia berada dalam peringkat 91 dari 178 negara. Apakah peringkat tersebut menunjukkan Indonesia bakal punah di masa depan?

Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono menelisik data, mewawancarai sosok utama, & mengajak anda ikut menganalisa untuk mencari jawabannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.