Kompas TV olahraga sepak bola

Hidup Mati Lawan Uzbekistan, Ini 3 Skenario Indonesia U20 Lolos 8 Besar Piala Asia 2023

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 10:41 WIB
hidup-mati-lawan-uzbekistan-ini-3-skenario-indonesia-u20-lolos-8-besar-piala-asia-2023
Skuas Timnas U20 Indonesia di ajang Piala Asia U20 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Indonesia U20 masih punya peluang besar untuk lolos ke perempat final Piala Asia U20 2023. Paling tidak, ada tiga skenario timnas Indonesia untuk bisa lolos maju ke fase delapan besar itu. 

Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga klasemen Grup A Piala Asia U20 2023 dengan tiga poin dari dua laga. Indonesia kalah 2-0 melawan Irak, kemudian menang 1-0 melawan Suriah. 

Kini tinggal sisa satu pertandingan, yakni Indonesia vs Uzbekistan yang bakal digelar malam ini, di Stadion Istiqlol, Fergana, pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, puncak klasemen Grup A Piala Asia U20 2023, ditempati Uzbekistan (6 poin), sedangkan Suriah (0) menjadi juru kunci. Indonesia hanya selisih gol dari Irak di posisi ketiga dengan poin sama-sama 3. 

Baca Juga: Timnas U20 Indonesia vs Uzbekistan, Shin Tae-yong Janjikan Garuda Beri Perlawanan Terbaik

Skenario pertama lolosnya Indonesia adalah, jika berhasil menang atas Uzbekistan dengan selisih dua gol atau lebih.

Uzbekistan sendiri dipastikan sudah lolos, meskipun jika nanti kalah lawan Indonesia. 

Skenario kedua, yakni ketika menang dengan hanya dengan satu gol saja sudah bisa mengantar Garuda Muda ke babak selanjutnya.

Namun dengan catatan, Indonesia harus melihat hasil di laga lain, yakni lawa Irak vs Suriah yang digelar di jam yang sama. 


 

Jika Irak vs Suriah imbang, maka Indonesia dengan 1 gol saja sudah cukup lolos ke 8 besar.  

Ketiga, anak asuh Shin Tae yong cukup imbang dengan Uzkekistan, asalkan asalkan Irak kalah dari Suriah.

Adapun di Piala Asia U-20 Shin Tae-yong tidak bisa membawa pemain terbaiknya, yakni kapten Marselino Ferdinan yang kini sedang berkarir di Liga Belgia bersama KMSK Deinze. 

Baca Juga: Indonesia Menang 1-0 Lawan Suriah, Suasana Nobar Timnas U20 Tegang!

Sebelumnya seperti KOMPAS.TV beritakan, Shin Tae-yong minta doa karena melawan Uzbekisan disebutnya bakal jadi laga paling sulit di Piala Asia U20 2023 ini. 

"Memang secara keseluruhan skuad pemain Uzbekistan sangat baik. Apalagi ada dukungan dari suporter mereka sendiri karena (bermain) home," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga, Senin (6/3/2023) dikutip dari Antara. 

"Ini pertandingan ketiga. Lawan Uzbekistan paling sulit tetapi mohon dukungan dari para fans sepak bola Indonesia agar kita bisa dapatkan kemenangan besok," pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x