Kompas TV video sinau

Jarak Depo Pertamina Plumpang dengan Rumah Warga hanya 28 Meter! Harusnya berapa?| SINAU

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 19:38 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV – Jarak depo Pertamina Plumpang dengan rumah Warga hanya 28 Meter! Harusnya berapa? Diketahui kapasitas tangki depo Pertamina Plumpang sebesar 281.889 kiloliter dan masuk dalam kelas I-II B.

Sebelumnya mari ketahui sedikit sejarah dari depo Pertamina Plumpang. Melansir dari Kompas.com depo Pertamina Plumpang dibangun tahun 1972 dan beroperasi tahun 1974. Saat itu kawasan di sekitarnya belum padat penduduk seperti sekarang.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, Global Tank Storage menyebut depo Pertamina Plumpang sebagai terminal BBM terpenting di Indonesia.

Mari ketahui bersama berapa jarak ideal pagar pengaman depo Pertamina Plumpang ke permukiman rumah warga?

Nah, dari kapasitas tangki sebesar 281.889 kiloliter tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor: 555.K/26/M.PE/1995 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum, pembangunan tangki penimbun bahan bakar cair memiliki ketentuan jarak aman minimum yang harus dipenuhi.

Berdasarkan ketetapan tersebut, depo Pertamina Plumpang seharusnya memiliki jarak minimum dari pagar pengaman ke jalan umum itu 52,5 meter.

Baca Juga: Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono Kunjungi Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Editor Video & Grafis: Joshua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x