Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir: Stadion Piala Dunia U20 Punya Banyak Catatan Minus dari FIFA

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 19:47 WIB
erick-thohir-stadion-piala-dunia-u20-punya-banyak-catatan-minus-dari-fifa
Foto udara Stadion Si Jalak Harupat yang tengah direnovasi, di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom/am)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan FIFA memberikan banyak catatan minus untuk seluruh stadion yang akan digunakan untuk gelaran Piala Dunia U20 2023.

"Catatannya banyak. Bukan saya yang mencatat, tetapi FIFA," ujar Erick di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/3/2023), dikutip dari Antara. 

Meski demikian, Erick tidak merinci satu persatu kekuarangan dari stadion-stadion tersebut. 

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu hanya menyebutkan macam Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta perlu memperbaiki penempatan kamera dan pagar pembatas tempat latihan. 

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Pimpin Langsung Panitia Lokal untuk Piala Dunia U20 2023

Lalu, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung diminta FIFA untuk memperbiki kondisi tribun dan area penayangan siaran. 

Kemudian, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya  wajib membenahi akses media, area penonton difabel, parkir, kursi di sisi selatan, dan lain-lain.

Erick Thohir mengatakan bahwa perbaikan-perbaikan yang diperlukan merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah. 

Untuk itu, Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Lokal (LOC) Piala Dunia U-2023 berharap semuanya dapat dituntaskan dengan baik.

Dirinya tidak ingin FIFA mencoret salah satu atau lebih stadion Piala Dunia U-20 2023 karena dinilai tidak siap. FIFA akan datang melakukan audit seluruh stadion tersebut pada 21-27 Maret.

"Ada bagian kerja pemerintah pusat yang dipimpin Pak Basuki (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono-red) langsung. Ada juga peran yang sangat penting dari pemerintah daerah karena keberadaan 'host city contract'," tutur Erick.

Baca Juga: Pengerjaan Fasilitas Stadion Manahan untuk Piala Dunia U20 Ditargetkan Rampung Awal April

Sebagai informasi, Piala Dunia U20 2023 akan berlangsung di enam kota Indonesia; Palembang, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, dan Bali mulai 20 Mei-11 Juni. 

Nantinya, turnamen ini akan diikuti oleh 24 negara. Saat ini, sudah ada 20 negara yang memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U20 2023.

Ke-20 tim tersebut adalah Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal, dan Tunisia.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x