Kompas TV nasional peristiwa

Jejak Egianus Kogoya Ditemukan di Lanny Jaya, Pencarian Pilot Susi Air Diperluas

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 19:41 WIB
jejak-egianus-kogoya-ditemukan-di-lanny-jaya-pencarian-pilot-susi-air-diperluas
Foto arsip. Kondisi pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faisal Ramadhani menuturkan, pencarian pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya diperluas hingga ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan, per Senin (6/3/2023).

Faisal menyebut aparat memperluas operasi pencarian dari Nduga ke Lanny Jaya karena menemukan “jejak kriminalitas” Egianus Kogoya.

"Ini menjadi petunjuk baru bagi kita untuk melakukan usaha pencarian penyelamatan pilot susi air tersebut,” kata Faisal dalam siaran Kompas Petang Kompas TV, Senin.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Bahas Negosiasi Penyanderaan Pilot Susi Air: Kalau Bisa, Dibebaskan Tanpa Syarat

Menurut Faisal, pihaknya menemukan jejak Egianus Kogoya di sekitar Kabupaten Lanny Jaya yang berbatasan dengan Nduga. Pihaknya pun tengah mendalami informasi ini lebih jauh.

Meksipun demikian, ia mengakui operasi penyelamatan Philip Mark Mehrtens terkendala topografi di lokasi. Ia menyebut kawasan perbatasan Nduga-Lanny Jaya berada di ketinggian 4.000 mdpl dan menyusahkan secara teknis dan strategis.

"Sampai sejauh ini kami meyakini kondisi pilot tersebut masih hidup, hanya mungkin kita tidak menemukan bukti fisik, tapi kita meyakini dia masih hidup,” kata Faisal.

Selain itu, dia menyebut upaya negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air itu tetap dilakukan, tetapi belum membuahkan hasil.

Operasi pencarian pilot Susi Air yang disandera KKB telah memasuki hari ke-29. Sebelumnya, pemilik maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengaku pihaknya menunggu informasi dari pihak berwenang mengenai pembebasan Philip Mark Mehrtens.

"Walaupun sampai dengan hari ini upaya-upaya terus dilakukan masih belum ada hasil, tapi kita tidak boleh putus asa," kata Susi.

Baca Juga: [FULL] Susi Pudjiastuti Apresiasi Otoritas dalam Upaya Pencarian Pilot Susi Air, Philip Mehrtens


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.