Kompas TV regional berita daerah

Dilema Pengungsi Rohingya yang Sudah Empat Gelombang Tinggal di Aceh

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 15:08 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Sejak akhir tahun 2022 hingga saat ini sudah empat gelombang pengungsi rohingya yang mendarat di perairan Kabupaten Aceh Besar dan Pidie dengan jumlah total pengungsi  Rohingya  484  yang  kini masih ditampung sementara di gedung UPTD Dinas Sosial Aceh  yang berada di Ladong, Kabupaten  Aceh Besar dan di komplek MINA Raya Padang  Tiji, Kabupaten Pidie.

Hingga kini, belum ada kejelasan batas waktu sampai berapa lama imigran ini harus ditampung di Aceh.  Komisi satu Dewan Perwakilan Rakyat Aceh mendorong pemerintah untuk segera membentuk satgas penanganan pengungsi Rohingya di Aceh,  karena jika tidak akan menjadi  beban Pemerintah Aceh untuk mengurus pengungsi Rohingya, padahal seperti diketahui Aceh sendiri merupakan  daerah termiskin di Sumatera bedasarkan rilis BPS tahun lalu.

Pembentukan satgas penanganan pengungsi Rohingya di Aceh dinilai sangat penting dibentuk agar  kewenangan  pemerintah daerah dan lintas sektoral di Aceh dapat  memfasilitasi pengungsi Rohingya dengan batas waktu tertentu,  selanjutnya pengusngsi Rohingya harus menjadi tanggung jawab UNHCR dan IOM untuk dipindahkan  ke negara penerima suaka politik.

Hingga kini, 484 pengungsi Rohingya berada di penampungan. Gelombang pertama 58 orang, disusul 158 orang, kemudian gelombang ke tiga 184 dan terakhir 67 orang. Mereka belum ada kejelasan batas waktu sampai kapan ditampung di Aceh.

Tahun lalu, sejumlah imigran Rohingnya melarikan diri dari lokasi penampungan. Dikhawatirkan keberadaan pengungsi Rohingya ini akan menjadi malasah baru ditengah masyarakat jika.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x