Kompas TV regional berita daerah

Parade Fashion Show on The Street di Semarang, Kenakan Sarung Kampanyekan Budaya Indonesia

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 12:30 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Setidaknya ada 42 orang bersama-sama turun ke jalan sembari mengenakan busana mulai dari kebaya, lurik, hingga kemeja, dengan padu padan kain sarung nusantara. Ada beragam kain sarung yang dikenakan, seperti motif batik, kain sarung tenun, hingga songket.

 

Aksi Parade Fashion Show on The Street dengan menggunakan sarung ini mencuri mata para pengendara motor yang ada di jalan MT Haryono, Kota Semarang. Sebab, tak hanya berlenggang di trotoar jalan, para peserta parade ini pun turun hingga ke zebra cross, sembari membawakan poster bertemakan hari sarung nasional.

 

Peserta parade ini diikuti oleh remaja hingga dewasa dari beragam latar belakang komunitas yang peduli dengan budaya Indonesia. Salah satunya, adalah peserta dari Perempuan Berkebaya Indonesia atau PBI yang berdomisili di Eropa. Ia sangat senang mengikuti kegiatan parade ini sebagai bentuk mengkampanyekan pakaian tradisional Indonesia.

 

Hari Sarung Nasional yang jatuh pada tanggal 3 maret telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sejak 2019. Modifikasi kain sarung pun saat ini semakin fleksibel dan mudah dipakai. Kedepannya diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan kain sarung sebagai pakaian kebangaan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x