Kompas TV nasional agama

7 Amalan Malam Nisfu Syaban 2023 dan Bacaan Doa Beserta Artinya

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 09:49 WIB
7-amalan-malam-nisfu-syaban-2023-dan-bacaan-doa-beserta-artinya
Ilustrasi. Amalan malam Nisfu Syaban 2023 dimulai dari Selasa (7/2/2023) setelah matahari terbenam. (Sumber: Unsplash/Simon Infanger)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nisfu Syaban 2023 jatuh pada Rabu (8/2/2023). Oleh karena itu malam Nisfu Syaban dimulai dari Selasa (7/2/2023) setelah matahari terbenam atau waktu magrib.

Beberapa keutaman malam Nisfu Syaban yakni diyakini doa-doa akan dikabulkan dan dosa-dosa akan diampuni oleh Allah SWT.

Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah Saw berikut:  

"Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan melakukan amalan kebajikan serta melatunkan doa-doa.

Baca Juga: Niat Puasa Nisfu Syaban 2023, Jadwal Pelaksanaan, dan Tata Caranya

1. Memperbanyak Istigfar

Di malam yang penuh keberkahan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak istigfar sebagai bentuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Berikut bacaannya.

Astaghfirullahal'adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih. 

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Memperbanyak Baca Syahadat

Seorang muslim wajib melantunkan syahadat setidaknya sekali seumur hidup. Namun, di kehidupan sehari-hari, dua kalimat syahadat juga baik diucapkan.

Berikut bunyi dua kalimat syahadat.

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

3. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Melansir NU Online, Senin (6/3/2023) setelah salat maghrib di malam Nisfu Syaban, dianjurkan membaca surat yasin sebanyak tiga kali.

Bacaan yang pertama diniatkan untuk memohon dipanjangkan umurnya dalam kondisi taat dan patuh kepada Allah SWT. Bacaan kedua, diniatkan untuk menolak bala seumur hidup. Bacaan ketiga, diniatkan untuk meminta kecukupan selama hidup di dunia.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2023 Jatuh Besok 7 Maret, Apa Saja Keistimewaannya?

4. Melakukan Salat Sunah Malam



Sumber : Kompas TV, Nu Online, Gramedia

BERITA LAINNYA



Close Ads x