Kompas TV regional berita daerah

Ikan Hiu Paus Terdampar di Pantai Sanjuan Flores Timur

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 07:28 WIB
ikan-hiu-paus-terdampar-di-pantai-sanjuan-flores-timur
Petugas sedang berusaha menarik Seekor ikan hiu paus (Rhincodon typus) yang terdampar untuk dilepas kembali ke peraian selat Gonzalu, Flores TImur, NTT, Minggu (05/03) (Sumber: Istimewa)
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Seekor ikan hiu paus ditemukan terdampar oleh salah satu nelayan di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur di pesisir pantai Sanjuan Kota Larantuka, pada Minggu (05/03) pagi.

Penemuan ikan hiu paus (Rhincodon typus) yang sempat menghebohkan warga sekitar itu, kemudian dilaporkan kepada petugas Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT untuk dilakukan penanganan.

"Dari hasil identifikasi diketahui ikan hiu paus ini memiliki panjang 4,70 meter, lebar tubuh 1,03 meter, panjang sirip punggung 0,56 meter, panjang sirip ekor 0,45 meter dan berjenis kelamin jantan," ujar Andy Amuntoda, salah satu petugas Kantor cabang Dinas Kelautan dan Perikanan NTT Wilayah Flores Timur, Lembata dan Sikka.

Ikan hiu paus ini lalu ditarik petugas DKP NTT bersama Satwas SDKP Flores TImur, aparat Polairud Polda NTT, Posmat Flores Timur dan Dinas Kelautan Flores Timur kemudian dilepaskan ke perairan selat Gonzalu di Kelurahan Sarotari dengan bantuan kapal nelayan.

"Kita lepaskan kembali ke laut karena ikan ini merupakan jenis ikan yang dilindungi sesuai keputusan Menteri Kelautan dan  Perikanan nomor 18 tahun 2013," tutup Andy.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x