Kompas TV nasional politik

Prabowo dan Surya Paloh Bertemu, PKS: Mereka Negarawan, Politik Silaturahmi Perlu Dikembangkan

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 19:38 WIB
prabowo-dan-surya-paloh-bertemu-pks-mereka-negarawan-politik-silaturahmi-perlu-dikembangkan
Sekretaris Jenderal Aboe Bakar AlHabsyi di, Jakarta Selatan, Kamis (24/2/2023). PKS menanggapi  pertemuan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum NasDem Surya Paloh, Minggu (5/3/2023).  (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespons pertemuan Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum NasDem Surya Paloh di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (5/3/2023). 

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar AlHabsyi menyebut pihaknya meyakini silaturahmi kedua tokoh tersebut memiliki tujuan untuk kebaikan bangsa dan negara. 

"Beliau berdua ini negarawan, PKS meyakini apa yang dibicarakan Pak Surya Paloh dan Pak Prabowo pastilah demi kebaikan bangsa dan negara," kata Aboe dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Sebab itu, PKS tidak mempermasalahkan pertemuan Prabowo dan Surya Paloh tersebut.

"Malah politik silaturahim ini perlu terus kita kembangkan, komunikasi antar anak bangsa itu sangat diperlukan," tegasnya.

Dia pun menyebut, dalam tahun politik ini, silaturahmi berperan baik untuk mengendurkan tensi politik.

"Melalui silaturahim, para pengurus partai politik bisa mencari titik-titik temu yang mungkin bisa membawa manfaat bagi kedua belah pihak dan NKRI," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Hormati Keputusan NasDem Usung Anies Jadi Capres: Ya Sudah Kita Hadapi, Rakyat yang Pilih

Diberitakan sebelumnya, seusai pertemuan, Prabowo menganggap kedatangan Surya Paloh yang disebutnya sahabat lama, merupakan kunjungan balasan.

Hal itu karena ia sempat mengunjungi Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, pada 1 Juni 2022 lalu.

Dia mengatakan pertemuannya dengan Surya Paloh merupakan pertemuan dua sahabat yang kebetulan sama-sama berkecimpung di bidang politik karena keterpanggilan sebagai warga negara.

Pembicaraan dengan Paloh, kata dia, sangat cair. Kedua pemimpin partai itu sempat makan siang dan minum kopi bersama.

“Tadi sebetulnya pembicaraan saya sangat cair, setelah kita makan siang, kemudian kita minum kopi, selanjutnya berbicara cukup luas,” jelasnya.

Sementara Surya Paloh menyebut kunjungan yang ia lakukan menggambarkan hubungan persahabatan keduanya yang sudah terjalin sekitar 40 tahun lalu.

"Secara batin saya sudah katakan, hubungan kami ini hubungan persahabatan, harusnya lebih mudah untuk menyelesaikan kalau pun ada masalah, sejauh ini tidak ada masalah. Kalau ada masalah, kita akan selesaikan cepat," ujarnya.

Baca Juga: Usai Bertemu Prabowo, Surya Paloh Buka Suara soal Kebijakan Pemerintah Jika Anies Jadi Presiden


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.