Kompas TV nasional sosial

Pemerintah akan Berikan Bansos selama Tiga Bulan Jelang Ramadan-Idulfitri 2023

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 22:07 WIB
pemerintah-akan-berikan-bansos-selama-tiga-bulan-jelang-ramadan-idulfitri-2023
Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/04) (Sumber: Kompas.com/M RISYAL HIDAYAT)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bantuan sosial berupa komoditas pangan seperti beras, telur, dan ayam akan diberikan oleh pemerintah selama tiga bulan yaitu Maret, April, dan Mei 2023.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut bahwa bansos ini bertujuan untuk menekan inflasi pangan menjelang bulan Ramadan dan Idulfitri.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah telah menetapkan keputusan untuk memberikan bantuan beras selama tiga bulan, serta bantuan telur dan ayam.

"Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan beras selama 3 bulan. Demikian pula untuk bantuan telur dan ayam," jelas Airlangga di acara bertajuk Kick Off GNPIP di Makassar secara virtual, Minggu (5/3/2023) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Sedihnya Airlangga Warga Plumpang, Pulang Kerja Tahu-tahu Rumah Hangus Kena Kebakaran Depo Pertamina

Namun, regulasi mengenai bansos ini masih dalam tahap penyusunan oleh pemerintah, termasuk dalam menentukan kelompok masyarakat mana saja yang akan menerima bantuan tersebut.

Menurut Airlangga, rencananya, bantuan sosial pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai (BPNT).

Pemerintah akan melakukan survei terkait kemiskinan di bulan Maret, dan diharapkan bahwa bantuan sosial ini dapat menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat.

Selain memberikan bantuan sosial pangan, pemerintah juga akan terus memantau harga komoditas-komoditas pangan utama seperti beras, minyak goreng, cabai, bawang, daging, dan telur ayam ras.

Baca Juga: Ahmad Saefudin Pemilik Awal Mobil Rubicon Mario Dandy Tinggal Di Gang Sempit dan Penerima Bansos

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kenaikan harga komoditas tersebut yang dapat memengaruhi inflasi pangan di Indonesia.

"Bulan Maret ini akan ada survei terkait dengan kemiskinan sehingga tentu diharapkan kita bisa menahan inflasi agar kemiskinan tidak meningkat," terang Airlangga.

Selain itu pemerintah juga mengantisipasi lonjakan harga tiket transportasi udara menjelang periode Ramadan dan Idulfitri. Pasalnya berdasarkan laporan terdapat fenomena mudik Lebaran yang akan dihadapi.

Diperkirakan sekitar 80 juta penduduk akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman masing-masing. Oleh karena itu, pemerintah berharap dapat melakukan langkah antisipatif agar kenaikan harga pangan dan tarif transportasi dapat diatasi.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x