Kompas TV nasional update

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jokowi Minta Erick Thohir dan Heru Budi Cepat Putuskan Solusi

Kompas.tv - 5 Maret 2023, 10:54 WIB
kebakaran-depo-pertamina-plumpang-jokowi-minta-erick-thohir-dan-heru-budi-cepat-putuskan-solusi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi segera mencari solusi dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahakan Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera mencari solusi dari kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu (5/3/2023).

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang," kata Presiden Jokowi saat meninjau langsung posko pengungsian warga terdampak peristiwa kebakaran tersebut, Minggu (5/3) dipantau dari Breaking News, Kompas TV.

Ia pun mengarahkan dua pihak tersebut untuk segera memutuskan apakah akan melakukan relokasi warga atau memindahkan lokasi Depo Pertamina Plumpang ke area reklamasi.

"Bisa saja Plumpangnya (Depo Pertamina Plumpang -red) yang digeser ke reklamasi, atau penduduknya yang digeser ke relokasi," ujarnya.

Ia pun menekankan bahwa Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang yang menjadi lokasi kebakaran pada Jumat (3/3) lalu merupakan zona berbahaya.

"Terutama karena ini memang zona yang bahaya, tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya," imbuhnya.

Baca Juga: Tim Investigasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Periksa Saksi dan CCTV, Begini Laporan Awalnya

Ia pun meminta Erick dan Budi untuk segera memutuskan solusi atas penanganan kebakaran Depo Pertamina Plumpang itu dalam waktu satu atau dua hari.

"Ini segera diputuskan sehari atau dua hari ini oleh Pertamina atau Gubernur DKI, sehingga solusinya menjadi jelas," tegas Jokowi.

Sebelumnya, selain kepada Menteri BUMN dan Pj Gubernur DKI Jakarta, Presiden Jokowi juga memberikan instruksi khusus kepada Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey T Machmudin mengatakan Presiden Jokowi meminta agar penanganan korban kebakaran didahulukan.

”Intinya, Presiden minta untuk mengutamakan evakuasi korban dan penanganan warga terdampak,” kata Bey, Sabtu (4/3/2023) dikutip dari Kompas.id.

Di sisi lain, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sempat menanyakan kesediaan warga untuk direlokasi saat ia memantau pengungsian warga di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Jakarta Utara pada Sabtu (4/3).

Baca Juga: Keluarga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Diharap Segera ke Posko Antemortem, Ada Apa?

Pertanyaan itu pun dijawab positif oleh warga. Ma'ruf Amin berharap depo bisa direlokasi ke pelabuhan, di daerah Pelindo.

Selain itu, Wapres juga berharap daerah Plumpang akan ditata ulang supaya lebih teratur, aman, dan memenuhi persyaratan.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x